Jumaat, 4 Mac 2011

Edisi Dunia

Edisi Dunia


ANTARA - Peristiwa

Posted: 04 Mar 2011 07:38 AM PST

ANTARA - Peristiwa


Sjafrie Bantah Ditawari Kursi Menteri

Posted: 04 Mar 2011 07:17 AM PST

Jakarta (ANTARA News) - Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin membantah dirinya ditawari kursi menteri Kabinet Indonesia Bersatu II setelah perombakan.

"Secara individu, institusi, tidak ada berita, tidak pernah ada arahan dan tidak ada minat dan niat, itu selesai persoalan," ujarnya saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Mantan Panglima Kodam Jaya itu, mengaku saat ini dirinya memfokuskan diri pada tugas-tugasnya sebagai wakil menteri pertahanan.

"Tidak ada kabar. Di sini (Kementerian Pertahanan) tidak berbicara koalisi. Di sini berbicara tugas Kementerian Pertahanan," kata Sjafrie menegaskan.

Ia meminta tak berandai-andai soal isu menteri.

Tentang pertemuannya dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, ia mengatakan, sebatas membahas masalah pertahanan yang menjadi tugas pokoknya sebagai wakil menteri pertahanan.

Nama Sjafrie Sjamsoeddin sempat disebut-sebut akan menduduki kursi sekretaris kabinet atau menteri komunikasi dan informatika.(*)

(T.R018/A041)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Soesatyo : Jangan Berspekulasi Tarik PDIP Masuk Koalisi

Posted: 04 Mar 2011 07:05 AM PST

Bambang Soesatyo. (FOTO.ANTARA)

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Bambang Soesatyo mengingatkan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebaiknya tidak mempertaruhkan soliditas kabinetnya dengan berspekulasi menarik PDIP masuk anggota koalisi pendukung pemerintah.

"Publik bukan sekadar sudah memahami sikap politik PDI Perjuangan (PDIP) itu, tetapi juga mendukung dan mengapresiasi peran PDI-P sebagai partai penyeimbang," tandasnya kepada ANTARA di Jakarta, Jumat.

Karena itu, menurut Wakil Bendahara Umum DPP Partai Golkar itu, demi proses pendewasaan demokratisasi, Presiden pun hendaknya menghormati pilihan peran PDIP itu.

"Jika Presiden terus `menggoda` PDIP, kesan ketidakpastian makin menguat. Kinerja para menteri tidak maksimal karena kabinet selalu dihantui isu `reshuffle`," ujarnya.

Ujung-ujungnya, demikian anggota Komisi III DPR RI itu, yang dirugikan rakyat, karena kepentingannya terpinggirkan oleh perilaku mempertahankan kekuasaan.

"Lebih dari itu, akan memperkuat asumsi bahwa Pemerintah tidak percaya diri," tandas Bambang Soesatyo.

Karena, lanjutnya, terus menarik-narik PDI-P ke dalam koalisi.

"Padahal, tindakan paling strategis yang perlu dilakukan presiden saat ini, adalah, memperkuat soliditas kabinet dan Setgab Koalisi serta mendorong kedewasaan berpolitik di DPR RI," katanya.

Hal itu penting, demikian Bambang Soesatyo, untuk mencegah perilaku politik `cengeng`, pemaksaan kehendak dan mau menang sendiri, sehingga kepentingan rakyat terlupakan.(*)

(M036/A041)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

ANTARA - Hiburan

Posted: 04 Mar 2011 07:36 AM PST

ANTARA - Hiburan


Pawai Ogoh-Ogoh Disesaki Penonton

Posted: 04 Mar 2011 07:09 AM PST

Denpasar (ANTARA News) - Pawai ogoh-ogoh di Kota Denpasar, Jumat petang, yang mengambil tempat di perempatan Patung Catur Muka, disesaki ribuan penonton yang tidak bergerak dari posisinya sekalipun hujan gerimis mengguyur.

Belasan ogoh-ogoh dengan rancangan yang artistik dan dilengkapi pergelaran seni tari sebagai latar tema menyedot perhatian para penonton itu.

Saban tahun Kota Denpasar menyelenggarakan pawai ogoh-ogoh pada malam pengerupukan sebagai bentuk apresiasi kepada seni yang juga menjadi roh pelaksanaan Hari Suci Penyepian.

Gubernur Bali, Mangku Pastika, bersama istrinya, Ayu Pastika, menyaksikan pawai ogoh-ogoh itu dari satu lokasi di sudut rumah dinasnya yang juga terletak di lingkungan Lapangan Puputan Badung itu.

Kali ini, empat kecamatan yang berada dalam lingkungan Kota Denpasar mempersembahkan banjar-banjar yang ogoh-ogohnya terpilih untuk ditampilkan dalam pawai itu. Salah satunya adalah Banjar Dauh Tangluk, Desa Kesiman, yang mengusung ogoh-ogoh bertemakan pertarungan Bhuta Kala dengan seorang ksatria.

Tiap ogoh-ogoh dipanggil panitia pelaksana dari keempat penjuru secara bergantian. Karena begitu antusias untuk bisa melihat ogoh-ogoh yang diarak memakai rangka dari bambu, sebagian penonton merangsek sampai ke tengah lingkaran tempat Patung Catur Muka berada sehingga menghalangi prosesi pengarakan.

Sanggar Tari Putra Kencana menjadi pembuka kontingen dari salah satu desa dalam lingkungan Puri Kesiman itu. Seni tari yang ditampilkan juga cukup menyita perhatian penonton karena terdapat atraksi penyemburan minyak tanah untuk membentuk nyala api.

Ogoh-ogoh dari banjar itu berkeliling dua kali di perempatan Patung Catur Muka dan digoyang ke berbagai penjuru sehingga kesan "pertarungan" di antara ksatria dan Bhuta Kala itu bisa lebih realistik.

Seorang perempuan penari dalam balutan busana tradisional keemasan dan bermahkotakan milik ksatria ikut dalam rangka bambu ogoh-ogoh yang dibawa sekaha (paguyuban) teruna-teruni Banjar Batan Buah, Desa Kesiman.

Ogoh-ogoh raksasa bertangan dan bermuka empat dengan taringnya yang panjang dan wajah menyeramkan bertajuk Chandra Bairawa diunggulkan mereka.

Ogoh-ogoh merupakan persinifikasi dari Sang Bhuta Kala alias kekuatan gelap di dunia yang harus dikuasai manusia dengan seizin Ida Sang Hyang Widi Wasa. Pada masa lalu, seusai diarak keliling kampung dan diputar-putar di tiap perempatan jalan, ogoh-ogoh itu langsung dibakar pada malam pengerupukan.

Banjar Pekambingan lain lagi, karena mereka mengusung ogoh-ogoh "Tirta Amerta" yang mengilustrasikan pertarungan Garuda Jatayu dengan satu naga besar berwarna kemerahan. Tajuk mahkota naga itu ditusuk cakar sang Jatayu sampai hampir menembus kepalanya.

Di sela-sela pawai ogoh-ogoh yang juga menarik bagi sebagian turis mancanegara di Bali, terdapat beberapa hal yang berlatar supranatural saat seorang pemeran Rangda tidak sadarkan diri dalam proses pemasangan topeng lambang kekuatan jahat itu di kepalanya.(*)

(T.A037/H-KWR)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Santana Janji Tebarkan Cinta di Java Jazz

Posted: 04 Mar 2011 05:57 AM PST

Carlos Santana (ANTARA/REUTERS)

Musik adalah bagian dari penyembuhan jiwa"

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) - Musisi jazz Carlos Santana berjanji menebarkan cinta dan kegembiraan dalam konsernya pada rangkaian gelaran Axis Java Jazz Festival 2011 di JI Expo Kemayoran Jakarta, Jumat malam ini.

"Saya sangat bersyukur dan senang berada di sini, dan malam ini saya akan membuat semuanya menangis, bersuka cita, dan bergembira dengan karya saya," kata Santana dalam jumpa pers sebelum manggung di panggung utama Axis Hall Java Jazz Festival.

Gitaris jazz asal Meksiko itu mengaku senang dan bangga bisa tampil sebagai salah satu musisi internasional dalam festival yang telah digelar selama tujuh tahun tersebut.

"Saya merasa bangga bisa tampil dalam festival ini dan saya pikir seharusnya lebih banyak musisi dunia yang tampil dalam acara ini. Semakin banyak saya bertemu orang di seluruh dunia, maka saya semakin senang. Saya ingin menebarkan banyak cinta, seperti lagunya Bob Marley, satu cinta, one love," katanya.

Santana ingin menyebarkan kedamaian dan cinta ke seluruh dunia melalui musiknya karena dia menganggap musik adalah bagian penyembuhan jiwa.

"Musik adalah bagian dari penyembuhan jiwa. Di sini saya ingin menyampaikan pesan bagi kita untuk mendonasikan bagi kepentingan pendidikan dan juga menyerukan kedamaian tanpa kekerasan, apalagi kekerasan pada wanita," katanya.

Santana direncanakan menggelar konser malam ini pukul 21.00 dan Sabtu (5/3) sebagai musisi internasional utama gelaran Java Jazz Festival yang berlangsung tiga hari mulai Jumat ini.

Penampilan Santana juga menarik minat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang berencana turur menontoninya malam ini.

Java Festival Production selaku penyelenggaran Java Jazz mengklaim telah menjual 20.000 tiket konser Santana untuk dua kali show.

"Sebanyak 20.000 tiket untuk dua show habis terjual, yaitu 10.000 per show karena kapasitas ruangannya," kata Presiden Direktur Java Festival Production Dewi A.L. Gontha dalam jumpa pers Rabu kemarin (2/3).

Selain Santana, artis internasional yang tampil adalah Corinne Bailey Rae, Fourplay, George Benson, George Duke All Stars, Ron King Big Band serta puluhan artis internasional lainnya.

Sementara artis Indonesia yang bakal tampil antara lain Andien, Barry Likumahuwa, Benny Mustafa,Bubi Chen Dwiki Dharmawan & Angklung Jazz Ensemble, Fariz, Gigi, Indro Hardjodikoro, Java Jive, Kahitna, Maliq & D`Essentials, Nial Djuliarso, Oele Pattiselano, Sandhy Sondoro dan Tohpati.

N006*KR-FNY/H-KWR

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Kosmo Online - Dunia

Posted: 04 Mar 2011 07:34 AM PST

Kosmo Online - Dunia


Jet Gaddafi bom bandar Libya

Posted:

Jet Gaddafi bom bandar Libya

Jet Gaddafi bom bandar Libya


SEBUAH kereta kebal dikendalikan oleh para penentang Muammar Gaddafi di Brega, timur Libya kelmarin.


BREGA - Jet-jet pemerintah Libya mengebom bandar ini semalam yang dikuasai oleh para penunjuk perasaan antipemimpin Muammar Libya.

Serangan itu dibuat selepas Gaddafi memberi amaran bahawa beliau akan memerangi gerakan para penunjuk perasaan yang menentang pemerintahannya.

Tunjuk perasaan yang menentang pemerintahannya itu dibuat sejak 15 Februari lalu.

Kebangkitan rakyat Libya itu dibuat selepas kejayaan para penunjuk perasaan di Kaherah yang mengakibatkan Hosni Mubarak meletakkan jawatan sebagai presiden pada 11 Februari lalu.

Jet-jet itu menggugurkan dua butir bom di bandar ini dekat dengan sebuah loji penapisan minyak.

Para penentang Gaddafi di bandar ini menggunakan mesingan untuk mengusir askar-askar upahan pemimpin tersebut.

Di bandar Benghazi, seorang jurucakap di pusat para penunjuk perasaan menyatakan bahawa kira-kira 100 orang sudah ditahan.

Menurutnya, Gaddafi didapati cuba untuk mengukuhkan kedudukannya semalam.

Para saksi menyatakan mereka melihat sejumlah tentera dan askar upahan pemimpin itu bergerak ke arah Raslanuf.

"Kami sedang melihat sama ada mereka (askar-askar Gaddafi) akan melakukan serangan atau mengukuhkan kedudukan sebelum kawasan Sirte," kata jurucakap di pusat para penunjuk perasaan di Benghazi.

Kumpulan-kumpulan penentang menguasai kawasan timur dan barat Libya termasuk di Benghazi dan beberapa kemudahan minyak negara itu.

Gaddafi masih dapat bertahan di ibu kota Libya, Tripoli.

Pihak pendakwa raya di Mahkamah Jenayah Antarabangsa menyatakan di The Hague, Belanda bahawa Gaddafi dan pembantu-pembantunya akan disiasat berhubung dakwaan melakukan jenayah menentang kemanusiaan semasa mengekang kebangkitan rakyatnya.

Menurut pendakwa raya di mahkamah jenayah itu, Luis Moreno-Ocampo kepada pemberita di The Hague, beberapa individu telah dikenal pasti seperti Gaddafi dan orang-orang di sekelilingnya termasuk anak-anak lelakinya.

Gaddafi memberi amaran dalam ucapannya kelmarin bahawa pertempuran dengan rakyat itu akan melibatkan tempoh masa yang panjang jika terdapat campur tangan asing.

"Jika Amerika atau Barat mahu memasuki Libya, kedua-dua pihak itu perlu mengetahui ia akan menjadi neraka dan bermandikan darah, lebih teruk dari Iraq," kata Gaddafi.

Setiausaha Negara Amerika Syarikat (AS), Hillary Clinton memberi amaran bahawa sebarang campur tangan Barat akan menjadi kontroversi di dunia Arab.

Menurutnya, para penentang Libya mahu mengusir Gaddafi yang sudah memerintah hampir 42 tahun menerusi pendekatan mereka sendiri.

Gaddafi memperoleh kuasa menerusi rampasan kuasa aman semasa pemerintah Libya, Raja Idris berada di luar negara untuk mendapatkan rawatan pada 1 September 1969.

Sementara itu, pemerintah China menyatakan bahawa integriti Libya perlu dihormati manakala Majlis Keselamatan Pertubuhan Bangsa-Bangsa Bersatu (PBB) perlu memikirkan langkah yang perlu diambil untuk masa depan Libya.

Libya menyumbang 2.3 peratus minyak mentah dunia. Namun, pergolakan di negara itu menyebabkan harga minyak naik melebihi AS$100 (RM303) satu tong sejak beberapa hari lalu.

Beberapa buah kapal tentera AS sudah dihantar untuk mendekati perairan Libya yang mencetuskan kebimbangan sama ada negara itu akan diserang. - Agensi

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Jobs perkenal iPad 2

Posted:

Jobs perkenal iPad 2

Jobs perkenal iPad 2


STEVE JOBS berdiri di depan skrin yang menunjukkan komputer tablet iPad 2 di atas pentas di Pusat Yerba Buena,San Francisco kelmarin.


SAN FRANCISCO, Amerika Syarikat (AS) - Ketua Pegawai Eksekutif Apple, Steve Jobs, 56, membuat kejutan apabila dia hadir dengan tubuhnya yang kurus semasa mendedahkan versi kedua iPad kelmarin.

Orang ramai berdiri bertepuk tangan apabila Jobs yang merupakan pengasas syarikat Apple menaiki pentas di Pusat Yerba Buena di sini dengan gaya yang bersahajanya, memakai baju berkolar, seluar jean biru dan cermin mata.

"Kami telah bekerja keras untuk menghasilkan produk ini dan saya tidak mahu melepaskan hari yang bersejarah ini," katanya.

Beliau berkata, tahun 2010 merupakan tahun buat iPad sebelum skrin video memaparkan komputer tablet Apple itu.

"Kami melalui permulaan yang susah dan tidak pernah berehat untuk kejayaan ini. Kami akan memperkenalkan iPad 2 hari ini (kelmarin)," kata Jobs. Berita yang dibawa beliau itu menyebabkan saham Apple melonjak dengan serta-merta.

Situasi itu berlaku kerana Jobs tidak muncul sejak Januari lalu kerana dia mengalami masalah kesihatan dan kerap mengelak daripada menghadiri majlis besar anjuran syarikat Apple.

Pada bulan lalu, sebuah akhbar di AS menyiarkan gambar-gambar Jobs yang kelihatan terlalu kurus di Palo Alto, California.

Kira-kira 10 tahun yang lalu, beliau telah menjalani pelbagai rawatan untuk merawat penyakit kanser pankreas dan melalui pembedahan pemindahan hati.

Namun, iPad 2 yang diperkenalkan Jobs itu lebih nipis, ringan dan mempunyai pemprosesan yang lebih cepat serta dilengkapi dua buah kamera untuk merakam foto serta perbualan video.

Ia datang dengan dua warna, hitam dan putih dengan ketebalan hanya 8.8 milimeter berbanding model sekarang setebal 13.4 milimeter.

"Sebenarnya, iPad 2 lebih nipis daripada iPhone 4" jelas Jobs.

Model baru itu akan berada di pasaran pada 11 Mac ini dan berharga di antara $499 (RM1,512) hingga $829 (RM2,513) bergantung kepada kapasiti memori dan kebolehan bersambung dengan Internet melalui talian selular.

Di AS, iPad 2 akan bekerjasama dengan At&T dan Verizon Wireless.

Syarikat Apple turut mencipta beberapa aksesori baru untuk iPad 2.

Antara aksesori baru itu ialah soket yang membolehkan pengguna menghubungkan iPad 2 kepada televisyen beresolusi tinggi. -Agensi

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Bintang Manchester United diusir kerana parti liar

Posted:

Bintang Manchester United diusir kerana parti liar

Bintang Manchester United diusir kerana parti liar


HOTEL May fair yang menjadi tempat Chris Smalling berparti liar di London kelmarin.


LONDON, Britain - Bintang kelab bola sepak Manchester United (MU), Chris Smalling dilarang menginap di sebuah hotel mewah di sini selepas dia didapati mengganggu ketenteraman penghuni lain dengan menjadikan bilik penginapannya sebagai tempat parti liar, lapor akhbar The Sun semalam.

Smalling, 21, yang ditemani beberapa wanita, dilaporkan berseronok sepanjang malam di Hotel May Fair di sini selepas MU tewas kepada Chelsea 2-1 dalam perlawanan Liga Perdana Inggeris pada Selasa lepas.

Dia menyewa suite berharga £2,000 (RM9,800) dan mempelawa 11 peminat wanitanya untuk berparti bersamanya hingga pukul 4 pagi kelmarin.

Mereka memesan pelbagai jenis makanan dan minuman keras serta membuat bising di bilik tersebut sehingga memaksa pihak pengurusan meminta parti liar itu dihentikan kerana mengganggu penghuni lain.

"Bilik itu turut mengalami kerosakan tetapi itu bukan punca dia diusir. Dia tidak dibenarkan menginap di hotel itu lagi kerana didapati membawa tetamu yang tidak sepatutnya," kata seorang saksi.

Sebelum ini, pengurus MU, Alex Ferguson memuji Smalling kerana mempamerkan sifat matang walaupun usianya masih terlalu muda.

- Agensi

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

The Star Online: World Updates

Posted: 04 Mar 2011 07:26 AM PST

The Star Online: World Updates


Fear battles fatalism in Africa's AIDS fight

Posted: 04 Mar 2011 07:17 AM PST

JOHANNESBURG/LONDON (Reuters) - Messages from years of AIDS campaigns are finally filtering down to the dingy streets of Johannesburg where sex workers turn tricks.

Sex workers demonstrate outside the Supreme Court in Cape Town May 3, 2009. (REUTERS/Mike Hutchings)

But all of that can vanish in an instant when a customer offers a little more cash to have sex without a condom.

At least 5.6 million of South Africa's 50 million people are infected with the AIDS virus, but new studies show that here and elsewhere on the continent fear of the disease and knowledge about how to prevent it have begun to change sexual habits, and in some places dramatically reduce infection rates.

"If you don't take care of yourself, you're risking yourself. If I get an infection, it will be my fault," said a sex worker who gave her name as Sarah.

Still, with around 14 million people receiving government assistance and a quarter of the workforce unemployed, there will be others who take the money -- and the risk.

"There are some ladies who are forced to do it without a condom. If the client puts a certain amount on the table, some of them can't refuse it," said sex worker Dudzai.

East and Southern Africa are the areas most heavily affected by the HIV epidemic. Out of the total number of people worldwide in 2009 living with the human immunodeficiency virus (HIV) that causes AIDS, 34 percent were in 10 countries of Southern Africa, according to the U.N. Programme on HIV/AIDS (UNAIDS).

Experts said one of the ways HIV spread through Southern Africa was via sex between long-haul truckers and prostitutes.

Recently, however, HIV new infection rates have been falling in the region and in sub-Saharan Africa, HIV incidence declined by 25 percent between 2001 and 2009.

"We're hoping that this 25 percent decline over the last 10 years will start to speed up," Paul de Lay, deputy director of UNAIDS, told Reuters in an interview.

"It's not happening fast enough. It's progress, but if it continues at this rate then we are talking another 40 to 50 years of this epidemic until it gets down to the lowest levels."

The change in South Africa has been dramatic.

A decade ago, the government was putting its faith in those who denied that HIV infection caused AIDS, and funded traditional healers who proposed garlic and beetroot as cures while withholding proven drugs for treatment.

Now condoms are available for free at government offices, public awareness adverts saturate TV airwaves and the state has allocated billions of dollars for treatment and prevention.

Trendy clubs have condoms in bathrooms and college students are well versed in safe sex, but there is always the risk that as the HIV problem begins to fade, fear of AIDS will also subside and complacency could start to creep in.

"One of the biggest challenges we have with this epidemic is that without a vaccine or a cure, we need to keep the momentum of the prevention programmes going. They have to be constantly refreshed because you have new cohorts of young people entering into risk behaviour every four or five years," said de Lay.

"CLIMATE OF FEAR"

In neighbouring Zimbabwe, researchers have found that fear of infection and mass social change have driven a huge decline in HIV rates.

In a study last month in the journal PLoS Medicine, British researchers said Zimbabwe's epidemic was one of the worst in the world until the rate of people with HIV almost halved, from 29 percent of the population in 1997 to 16 percent in 2007.

Simon Gregson of Imperial College London, an investigator on the study, told Reuters he thought there may be certain factors about Zimbabwe that might signal why the turnaround there has been so dramatic, and has come earlier than in other countries.

For a start, Zimbabwe had a major problem so awareness of HIV and fear of AIDS was acute.

"Zimbabwe is (also) distinctive in having high levels of education and quite a strong marriage system," he said. "It might be that messages that promote being faithful and sticking to one partner are more easily digested and translated into action in a country like Zimbabwe."

While campaigners applaud such success, their joy is tinged with uncertainty about how to maintain it.

De Lay points to places in the West like London and San Francisco, where high rates of HIV infection at the beginning of the epidemic in the late 1980s have faded into the background.

In a recent British TV programme where groups of teenagers were questioned about sexually transmitted diseases, none mentioned HIV. And a study from France last year found that among gay men, HIV rates are "out of control" despite an overall fall in the number of new HIV cases there.

"What we are seeing.. is a reduced sense of vulnerability, a reduced sense of how severe the disease is," de Lay said. And that opens up a dilemma about whether scaremongering is healthy.

"We can't create a constant climate of fear, but at the same time people should have a healthy respect for how serious this is," said de Lay.

Further north on the African continent, in its most populous nation Nigeria, it appears that fatalism, not fear, rules.

In Lagos, traders in Obalende, a raucous market selling everything from bananas to motorcycles, said they had become more aware of the dangers of HIV in recent years. But this did not always affect their actions.

"People are getting more aware. They see things on TV and when they go to the hospitals," said Mohammed Babaji, a 42-year-old trader selling small barbecue kits.

Babaji said he tried to remain faithful to his wife, and that some of his fellow traders took their own clippers to the local barbershop to avoid possible contact with infected blood.

Yet an aversion to condoms persists.

"I know I am supposed to wear condoms to protect myself, but most young men here will not use them because they will not enjoy as much," said Abdul Abdulkarim, 25 years old and single, as he touted leather sandals laid out on a plastic table.

"The men here have a lot of girlfriends and they use prostitutes. I don't think Nigerians really fear death."

(Additional reporting by Agnieszka Flak in Johannesburg and Shyamantha Asokan in Lagos, editing by Elizabeth Fullerton)

Copyright © 2008 Reuters

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Shots fired at protest in Libyan capital

Posted: 04 Mar 2011 07:17 AM PST

TRIPOLI (Reuters) - Shooting rang out across a district of the Libyan capital on Friday as forces loyal to leader Muammar Gaddafi broke up a crowd of protesters shouting "Gaddafi is the enemy of God!"

The demonstrators spilled out of the Murat Adha mosque in the Tajoura district of eastern Tripoli after Friday prayers, and several hundred of them began chanting for an end to Gaddafi's four decades in power.

"This is the end for Gaddafi. It's over. Forty years of crimes are over," said Faragha Salim, an engineer at the protest in Tajoura.

But a few minutes later, pro-Gaddafi security forces in military fatigues and with green scarves around their heads arrived at the scene of the protest.

They fired tear gas and there was the sound of repeated and heavy gunfire, though there was no immediate evidence that anyone had been hit by gunshots.

Tripoli is Gaddafi's principal stronghold after large swathes of the country rejected his rule, and the authorities have tried to portray it as a city going about its life as normal. But the protest punctured that image.

For a short time, Gaddafi's opponents took over a corner of the city. They waved the tricolor flag adopted as the symbol of the revolt against his rule, and scrawled graffiti on walls insulting Gaddafi and saying: "We will not give up!"

About 45 minutes after security services intervened, the area in front of the mosque was cleared of protesters and a few dozen Gaddafi supporters in tracksuits -- who had been bussed into the neighbourhood -- took over.

Security forces looked on as the supporters threw rocks at a residential area where they believed protesters were hiding, and occasional shots rang out.

Away from the Tajoura district, the rest of the city appeared tense but calm. There was heavy security at Algiers Square, near the centre, and in the central Green Square, Gaddafi supporters sang and waved green Libyan flags.

EXCHANGES OF FIRE

In Zawiyah, about 50 km (30 miles) west of the Libyan capital, pro-Gaddafi forces fought for hours with rebels who have been holding the town centre, two residents told Reuters by telephone.

"From 11 a.m. (0900 GMT) until now Gaddafi's mercenaries, mainly from Africa, have been opening fire on people here," said a local man called Ibrahim.

"Hundreds of victims are now in the town hospital. It's incredible. We can't let Gaddafi continue massacring his own people. The streets are empty, shops are closed and only cars used by insurgents to transport victims are visible.

"We have no choice but to continue our fight against this dictator." The account could not be verified independently.

Earlier, security guards stood in the way when journalists tried to walk out of the gates of the their hotel to cover the protests in Tripoli.

Officials later allowed them out of the hotel but only if they boarded buses with government drivers who were taking them to locations selected by the authorities.

A Libyan government spokesman said journalists' movements were being restricted because their presence could trigger violence from what he described as affiliates of al Qaeda.

"These are exceptional circumstances. I know you're going to talk about it and twist it the way you want," said the spokesman, Mussa Ibrahim.

"We are preparing to pay this price of preventing you guys from reporting to avoid turning Tripoli into Baghdad."

(Additional reporting by Lamine Chiki in Algiers; Writing by Christian Lowe; Editing by Giles Elgood)

Copyright © 2011 Reuters

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Posted: 04 Mar 2011 01:36 AM PST

Sindikasi welcomepage.okezone.com


1 dari 5 Orang Internetan di Kendaraan

Posted: 04 Mar 2011 01:32 AM PST

LONDON - Ternyata tidak hanya menelpon sambil berkendara yang sedang tren sekarang, menggunakan internteran sambil berkendara pun seolah menjadi lumrah dilakukan.

Sebuah survei terbaru menyatakan bahwa satu dari lima pengendara berselancar di Internet saat berkendaraan. Survei yang dilakukan 912 pengemudi itu dilakukan pada bulan November dan menemukan 19 persen dari mereka mengaku menggunakan ponsel mereka untuk mengakses internet saat mengemudi mobil.

"Pengguna terbesar ponsel cenderung penduduk usia muda. Kami sangat tertarik untuk mengetahui berapa angkanya jika fokusnya pada pasar dewasa muda," terang Direktur Riset Teknologi di State Farm, Cindy Garretson, seperti dilansir Daily Mail, Jumat (4/3/2011).

Dalam survei yang sama 74 persen mengatakan mereka melakukan atau menerima panggilan saat mengemudi dan 35 persen mengaku mengirim atau menerima teks.

Hebatnya, para responden tersebut mengaku kebanyakan berusia 30-an. Survei itu menemukan kebanyakan pengendara menggunakan ponsel mereka untuk surfing saat berhenti di lampu lalu lintas atau ketika terjebak kemacetan.

Hanya 30 negara bagian AS yang melarang berselancar saat mengemudi untuk semua pengemudi, dengan delapan di antaranya melarang praktek berbahaya itu bagi pengemudi pemula saja.

Pada tahun 2009, 5.474 orang tewas dan 448.000 terluka dalam kecelakaan akibat pengemudi terganggu. Sebanyak 18 persen kematian akibat pengalihan karena ponsel, dan kelompok usia di bawah-20 adalah yang paling sangat terlibat.
(tyo)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Menlu: Hubungan RI-Timor Leste Terus Meningkat

Posted: 04 Mar 2011 01:28 AM PST

JAKARTA – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Marty Natalegawa mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Timor Leste Zacarias Albano Da Costa. Keduanya membahas upaya untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara.
 
"Kami memimpin delegasi masing-masing negara melakukan sidang komisi Menlu RI-Timor Leste yang kelima. Baru saja kita menyaksikan penandatanganan join statement atau pernyataan bersama yang dihasilkan oleh sidang komisi timor leste dan Indonesia," ungkap Menlu Natalagewa di Kantor Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta, Jumat (4/3/2011).
 
"Dalam kesempatan pertemuan bilateral, kami sudah membahas beberapa permasalahan yang intinya adalah upaya-upaya untuk meningkatkan hubungan bilateral antara kedua negara," lanjutnya.
 
Kedua menlu  melihat hubungan bilateral kedua negara sangat erat, sangat bersahabat dan bidang permasalahan yang ditekuni juga sangat komprehensif.
 
"Disamping itu bukan saja bidangnya yang sangat komprehensif, kita juga melihat intensitas hubungan itu semakin meningkat bahkan kita mengetahui bahwa sidang komisi bersama ke-5 kali ini adalah kedua kali dilakukan dalam waktu 6 bulan," ucap menlu.
 
"Ini membuktikan betapa benar-benar intensifnya upaya kita untuk meningkatkan hubungan bilateral di bidang investasi, perdagangan, hubungan antar masyarakat danlain-lain. Bahkan pada tanggal 22 maret mendatang Perdana Menteri Timor Leste yang mulia Xanana Gusmao juga akan berkunjung ke indonesia untuk mengadakan kunjungan resmi dengan presiden RI," menurutnya.
 
"Disamping masalah bilateral kami juga membahas masalah regional dan khususnya minat timor leste untuk bergabung dengan ASEAN yang kita dukung, dan masalah global lainnya," jelasnya.
 
Sementara Menlu Zacaria menyatakan, "Timor Leste dan Indonesia memiliki hubungan bilateral yang sangat erat dan saya merasa terhormat bisa bekerja sama dengan Indonesia."
 
"Sejak pertemuan di Dili tujuh bulan yang lalu kita saya terkesan dengan banyak perkembangan yang terjadi dalam hubungan bilateral antara Indonesia dan Timor Leste. Kami akan terus mempererat kerja sama yang sudah terjalin," lanjutnya. 
(faj)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

KOMPAS.com - Regional

Posted: 04 Mar 2011 01:35 AM PST

KOMPAS.com - Regional


Parade Ogoh-ogoh di Bandar Lampung

Posted: 04 Mar 2011 08:17 AM PST

Perayaan Nyepi

Parade Ogoh-ogoh di Bandar Lampung

Penulis: Yulvianus Harjono | Editor: Tri Wahono

Jumat, 4 Maret 2011 | 16:17 WIB

KOMPAS/COKORDA YUDISTIRA

Pawai ogoh-ogoh (boneka berukuran besar dan berwujud raksasa) di persimpangan patung Catur Muka, Denpasar, Bali.

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Menyambut Hari Nyepi, ratusan umat Hindu di Kota Bandar Lampung menggelar parade ogoh-ogoh di Tugu Adipura, Lampung, Jumat (4/3/2011). Kegiatan ini berlangsung meriah dan menjadi tontonan warga Bandar Lampung.

Meskipun terlihat ramai, kegiatan ini tidak sampai mengakibatkan kemacetan lalu lintas. Dalam acara ini, umat Hindu mengarak empat ogoh-ogoh berukuran besar. Ogoh-ogoh berupa raksasa yang menyeramkan ini merupakan simbol dari kejahatan dan hal-hal negatif yang harus dihindari umat manusia, khususnya umat Hindu.

"Ogoh-ogoh ini adalah simbol dari hal-hal tidak baik yang harus kita hindari. Hal-hal itu macam berpikir, berbuat, dan bersikap tidak baik," tutur Ketua Persatuan Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Bandar Lampung I Putu Soeartha Adnyana.

Parade ogoh-ogoh merupakan rangkaian dari perayaan Nyepi yang puncaknya berlangsung Sabtu besok.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Gara-gara Karam, 10 Kapal Motor Tertahan

Posted: 04 Mar 2011 07:58 AM PST

PONTIANAK, KOMPAS.com - Sekitar sepuluh kapal motor draf empat meter keatas tertahan di jalur Sungai Kapuas Pontianak atau muara Jungkat karena terhalang kapal layar motor Rahmatia Sentosa yang tenggelam sejak dua pekan lalu.

"Dari sepuluh KM tersebut, lima di antaranya KM pengangkut kontainer dan lima lagi KM kargo," kata Asisten Manajer Pelayanan Kapal Barang dan Umum Pelabuhan Indonesia II Pontianak, Muhammad Sabi, Jumat (4/3/2011).

Tertahannya KM ukuran besar itu, karena tidak bisa masuk ke jalur Sungai Kapuas. "Hanya KM ukuran draf dibawah tiga meter yang bisa melewati jalur yang sempit itu karena terhalang KLM yang tenggelam," katanya.

Untuk distribusi semen dari muara ke Pelabuhan Dwikora berjalan lancar asalkan menggunakan KLM ukuran kecil.

Hari ini sekitar 2.600 zak semen merek Bosoa melakukan bongkar muat di dergama 3-6, dengan terlebih dahulu membongkar muatan di muara Jungkat ke kapal kecil.

"Dua hari lalu, kapal layar motor kecil juga melakukan bongkar muat semen tiga roda dan gresik," ujarnya.

Umumnya aktivitas di pelabuhan masih berjalan dengan lancar, terutama KLM ukuran kecil. "Sementara untuk KM ukuran besar masih harus bongkar muatannya di muara Jungkat," kata Sabi.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kalimantan Barat Soezarsono menyatakan, distribusi beras dari Pulau Jawa ke provinsi itu melalui jalur Sungai Kapuas berjalan lancar karena menggunakan kapal layar motor berukuran kecil.

"Kami sudah menginformasikan kepada jasa pengangkutan dari Pulau Jawa tujuan Pontianak, terkait putusnya jalur muara Sungai Kapuas karena tenggelamnya KLM Rahmatia Sentosa sejak dua pekan lalu sehingga hanya bisa dilalui KLM ukuran kecil," kata Soezarsono.

Hari ini sekitar 156 ton beras milik Perum Bulog Divisi Regional Kalbar juga akan dibongkar di pelabuhan.

Sebelumnya, beras Bulog memang sempat tidak bisa dikirim karena menggunakan kapal motor dengan draf di atas empat meter.

"Untuk menjaga stok beras di Bulog maka kami informasikan agar beras tersebut diangkut menggunakan kapal kecil dengan draf tiga meter ke bawah," ujarnya.

Selain datangnya kiriman beras dari Bulog, hari ini beras milik swasta juga sedang bongkar muat di pelabuhan yakni sebanyak 12 ribu ton.

Stok beras di Kalbar sebenarnya aman hingga akhir Maret. "Dengan datangnya beras milik Bulog maka stok beras aman hingga beberapa bulan mendatang," katanya.

"Data Disperindag Kalbar, saat ini dalam perjalanan dua buah KLM dari Jakarta dan Surabaya membawa sekitar 18 ribu ton beras untuk dipasok ke Pontianak," kata Soezarsono.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi news.okezone.com

Posted: 04 Mar 2011 01:25 AM PST

Sindikasi news.okezone.com


"Prajurit Majapahit" dan Ogoh-Ogoh Bikin Macet Kalimalang

Posted: 04 Mar 2011 01:20 AM PST

BEKASI- Menyambut hari raya Nyepi Tahun Baru Saka 1933 esok hari, ribuan umat Hindu Bekasi menyelenggarakan pawai ogoh-ogoh dan karnaval budaya. Pawai ogoh-ogoh tersebut disambut meriah antusias warga hindu Bekasi.

Pawai dimulai dari  pura Adhi Tirta Dharma di jalan Kalimalang Bekasi Barat dan mengelilingi jalan dan pemukiman warga.

Di sepanjang jalan rute yang menjadi pawai ogoh-ogoh, masyarakat Hindu dan masyarakat lainnya duduk dan berjejer menyaksikan pawai ogoh-ogoh.

Selain arak arakan ogoh-ogoh, Masyarakat Hindu di Bekasi juga dihibur oleh karnaval seni budaya yang antara lain menampilkan grup kesenian tari Bali dan rombongan prajurit Majapahit.

Menurut keterangan ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Bekasi, I Made Pande Cakra pawai ogoh-ogoh ini adalah rangkaian upacara Tawur Kesangur yakni ruwatan bumi yang artinya umat hindu memberikan sedekah bumi.

"Selain itu untuk mensucikan alam bawah dan mensucikan alam bawah tanah," kata Pande Cakra di Bekasi, Jumat (4/3/2011).

Sementara, akibat pawai ogoh-ogoh jalan Kalimalang Bekasi Barat macet dan tersendat. Lantaran pawai ogoh-ogoh menggunakan jalur kali malang. Namun jalan macet tersebut sudah dapat diatasi petugas polantas polres Metro Bekasi.
(Tedi Suteja/Global/ugo)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Bukti Tak Kuat, Kuasa Hukum Yakin Cirus Tak Ditahan

Posted: 04 Mar 2011 01:00 AM PST

JAKARTA - Jaksa Cirus Sinaga dikabarkan akan ditahan hari ini terkait status Cirus sebagai tersangka kasus mafia hukum dan pemalsuan rencana penuntutan (rentut).
 
Terkait hal itu, kuasa hukum Cirus Tumbur Simanjuntak yakin bila kliennya takkan ditahan. Pasalnya alat bukti untuk menjerat Cirus belum kuat.

"KUHAP menentukan syarat penahanan harus cukup alat bukti. Cirus tidak melakukan tindak pidana dan tidak ada alat bukti sehingga tidak ada alasan melakukan penahanan terhadap Cirus," kata Tumbur di Mabes Polri, Jakarta Jumat (4/3/2011).

Menurut Tumbur kewenangan jaksa melakukan penelitian terhadap berkas perkara  tidak boleh dipidanakan. "Jika sampai pelaksanaan kewenangan penelitian berkas perkara  dipidanakan maka akan menimbulkan akibat yang serius yaitu ketakutan bagi seluruh jaksa di Indonesia," kata Tumbur.

Tumbur menjelaskan, kekhawatiran timbul karena jaksa nantinya akan takut bila penelitiannya bisa dipidanakan.

Hari ini, Cirus diperiksa penyidik Bareskrim Polri dalam kasus mafia hukum. Sebelumnya, Cirus sudah tiga kali diperiksa Tim Independen namun tidak ada alat bukti.
(ugo)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Harian Metro: Global

Posted: 04 Mar 2011 01:15 AM PST

Harian Metro: Global


Tentera Gaddafi serang dua bandar

Posted: 03 Mar 2011 08:23 AM PST

BREGA: Tentera yang setia kepada pemimpin Libya, Muammar Gaddafi, semalam melancarkan serangan udara menyasarkan Brega, bandar penapisan minyak di timur negara itu dan kedudukan pemberontak di bandar berhampiran, Ajdabiyah.

Kedua-dua bandar berkenaan kini dikuasai kumpulan penentang.


Tentera pemberontak juga berkata, askar Gaddafi terpaksa berundur ke Ras Lanuf, sebuah lagi bandar terminal minyak yang terletak 600 kilometer ke timur Tripoli, sehari selepas serangan mereka terhadap Brega dipatahkan.

"Tentera Gaddafi kini berada di Ras Lanuf," kata sukarelawan pemberontak, Mohammed al-Maghrabi kepada Reuters.


Pemimpin kumpulan berkenaan, Bashir Abdul Gadr berkata: "Tentera Gaddafi berberkumpul di Ras Lanuf. Bilangan mereka ramai. Penyokong kami pula berada di Brega dan al-Ugayla.


"Mereka (tentera Gaddafi) baru saja melancarkan serangan udara terhadap lapangan terbang di Brega dan di Ajdabiyah." Ajdabiyah yang menjadi tempat simpanan senjata sebelum ini, menjadi sasaran serangan udara kelmarin, serentak dengan serangan darat terhadap Brega, sebuah bandar di Mediterranean, 780 kilometer ke timur Tripoli.

Di satu pintu masuk bandar Ajdabiyah, anggota pemberontak yang bersenjatakan pelancar roket, meriam antipesawat dan antikereta kebal bekerja siang malam untuk memperkukuhkan pertahanan mereka bagi menghadapi sebarang serangan baru daripada tentera yang setia dengan Gaddafi.


"Syukur, Alhamdulillah kami mempunyai senjata," kata seorang anggota kumpulan itu, Drees Abdulwahid, 42, sambil tersenyum dan menadah tangannya.

Seorang rakannya pula berkata, dia sudah empat hari menjalani latihan untuk menggunakan senjata antipesawat. - Reuters

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Liga Arab timbang pelan damai Chavez

Posted: 03 Mar 2011 08:21 AM PST

KAHERAH: Setiausaha Agung Liga Arab, Amr Moussa semalam berkata, pihaknya akan menimbang rancangan damai yang dikemukakan oleh Presiden Venezuela, Hugo Chavez untuk menamatkan krisis di Libya.

Rangkaian televisyen Al Jazeera sebelum ini melaporkan, pemimpin Libya, Muammar Gaddafi dan Amr bersetuju terhadap rancangan Chavez untuk menghantar perwakilan dari beberapa negara ke Libya.


"Tidak,'" kata Amr ketika ditanya wartawan mengenaisama ada dia sudah bersetuju dengan rancangan yang dikemukakan Presiden Venezuela itu.

"Kami dimaklumkan mengenai rancangan Chavez tetapi ia masih dipertimbangkan." "Kami sudah berbincang dengan beberapa pemimpin semalam (kelmarin)," katanya tanpa menyatakan tarikh akhir untuk membuat keputusan mengenai rancangan itu. - Reuters

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Republika Online

Posted: 03 Mar 2011 11:32 PM PST

Republika Online


Republika Online

Posted:

REPUBLIKA.CO.ID,  Kisah pencarian Abu Bakar Ruben dimulai sejak ia berada di bangku kuliah. Saat itu ia ditimpa banyak masalah. Teman dekatnya meninggal karena kecanduan narkoba. Orangtuanya bercerai dan ia mengalami kesulitan keuangan.

"Saya pun mulai bertanya apa sebenarnya tujuan hidup itu?" tuturnya. Peristiwa sulit yang terjadi hampir bertubi-tubi itu menjadi katarsis bagi Ruben untuk melirik agama.

Ruben dibesarkan di Melbourne oleh orangtua yang tak percaya Tuhan. "Saat kecil saya memang dibesarkan untuk menganut Kristen, tapi orang tua saya atheis, sehingga saya cenderung memiliki pandangan atheis," ungkap Ruben.

Agama pertama yang ia coba pelajari adalah Kristen. Kebetulan seorang teman mengundangnya untuk datang ke kemah keagamanan. "Mereka bernyanyi, suara mereka bagus, tapi saya bingung apa artinya," tutur Ruben.

"Mereka kemudian bilang bahwa Tuhan mencintai saya." Ruben keheranan. "Bagaimana mungkin tuhan mencintai saya sedangkan saya punya anjing dia tidak tidak mencintai saya," tuturnya. Rupanya saat itu kehidupan Ruben tak tentu arah. Ia bukan tipe orang yang bisa diandalkan, meskipun yang meminta bantuan adalah orang tuanya dan ia memiliki seekor anjing yang kemudian tak pernah ia urus.

Tak menemukan apa yang ia cari ia pun melangkah lagi, kini giliran Katholik dan Anglican Baptis. Namun ada hal yang membuat ia terganggu setiap saat ia bertanya kepada pemeluknya. "Mereka akan membuka injil dan kemudian berkata 'Oh jawabannya ini saudaraku' sambil beropini," tutur Ruben.

"Setiap kali mereka menjawab mereka beropini, sehingga saya menyimpulkan tentu banyak sekali intepretasi dalam Kristen," katanya. Padahal, lanjutnya, itu belum termasuk perbedaan dalam gereja.

Antara satu pendeta dengan pendeta lain bisa memiliki intepretasi berbeda dan saling mengklaim satu sama lain. "Injil satu rasa tapi intepretasi bermacam dan setiap orang bisa melakukan, itu sangat membingungkan," ujarnya.

Berikutnya ia melakukan persentuhan dengan Hindu. Ia berteman dengan seorang penganut keyakinan tersebut saat bekerja paruh waktu. "Saya kemudian dikenalkan dengan tuhan berkepala gajah." Lagi-lagi Ruben bertanya, mengapa tuhan harus berkepala gajah, apa hubungan gajah dengan tuhan. "Mengapa tidak singa? lebih perkasa. Bagi saya sangat tidak logis dan sulit untuk dipahami."

Menginvestigasi lebih jauh ia menyelidiki agama Yahudi. "Ya nama saya Abu Bakar Ruben, berasal dari Rubenstein, nama yang  sangat Yahudi karena itu saya juga mencoba mencari  tahu apa itu Yahudi,' tuturnya. Namun tak ada satupun dari keyakinan  itu yang mengena di hatinya.

Hingga suatu saat ia bertemu temanya yang beragama Kristen. "Saya ditanya bagaimana pencarianmu, apa saja yang sudah kampu pelajari?" kata Ruben menirukan ucapan si teman. Ia menjawab semua, mulai Kristen, Katholik, Hindu, Budha, Yahudi, Anglikan tapi tak ada yang bisa menarik hatinya.

Si teman bertanya lagi, "Bagaimana dengan Islam?". Pertanyaan langsung disambar Ruben dengan cemooh, "Apa, Islam? Buat apa saya mengivestigasi agama terorisme? Itu gila."

Tapi respon tubuh Ruben berkata lain. "Saya tidak tahu mengapa dan apa yang menggerakan saya, yang jelas saya mengenakan sepatu, berpakaian rapi dan pergi ke masjid. Saya tak punya petunjuk, bagaimana saya melakukan itu," tutur Ruben.

Begitu masuk masjid, Ruben merasa cemas. "Saya berpikir 'Aduh saya bakal mati di sini, saya satu-satunya kulit putih yang terlihat," tuturnya. Ketika itu seorang pria Timur Tengah berperawakan besar dengan cambang tebal mengenakan abaya mendekatinya. Ia bernama Abu Hamzah.

Tiba-tiba diluar dugaan Ruben, Abu Hamzah menyapanya dengan ramah dan bahkan meminta seorang yang lain untuk membuatkan teh bagi Ruben. "Tak pernah saya bayangkan bakal mendapat perlakuan seperti itu," kata Ruben.

Ia pun mulai banyak bertanya, tentang teman-temannya yang telah meninggal, tentang apa itu masa lalu dan masa yang akan datang. Abu Hamzah, seperti yang dituturkan Ruben, berdiri mengambil Al Qur'an dan membuka kitab itu lalu menunjukkan sebuah ayat dan meminta Ruben membaca seraya berkata ini jawabannya.

"Itu benar-benar menghentak saya," kenangnya. Ia pun menanyakan hal-hal sulit lain, seperti mengapa menumbuhkan janggut, mengapat menggunakan hijab, mengapa memiliki istri empat. "Saya pikir itu adalah pertanyaan-pertanyaan sulit, tapi sungguh luar biasa, mereka selalu membuka Al  Qur'an dan lalu memberikan kepada saya untuk dibaca. Itu selalu mereka lakukan sebelum mengulas lebih jauh dengan buku hadis yang juga ada di dalam masjid," tutur Ruben.

"Mereka selalu membuka Al Quran untuk menjawab dan sama sekali tidak beropini," ujarnya. Kemudian Ruben pun bertanya, "Saya ingin tahu tentang opini anda tentang ini, tentang aturan itu."  Diluar harapan Ruben, mereka menjawab, "Saya tidak mungkin dan tidak boleh beropini tentang Firman Tuhan".

"Subhanallah, itulah yang benar-benar menyentuh saya dan selalu membuat saya teringat," ujar Ruben yang telah memeluk Islam saat menuturkan kisahnya. Malamnya ia pun membawa pulang Al Quran. "Dan ketika saya membaca, saya bukan hanya menemukan kisah, tapi seolah-olah ada yang memandu saya."

Ia memandang Al Qur'an tak hanya benar tetapi juga logis dan ilmiah. Ia takjub bagaimana Al Qur'an juga menguraikan proses penciptaan dan kelahiran manusia, penuturan proses sel telur yang dibuahi hingga tercipta gumpalan darah, tumbuh tulang, peniupan ruh hingga akhirnya membentuk janin yang siap dilahirkan ke bumi.

"Inilah yang saya cari, ini yang saya perlukan," ujarnya. Butuh enam bulan sebelum ia sampai pada kesimpulan itu. Tapi ketika hendak membuat perubahan besar, Ruben menginginkan pembenaran lain untuk menguatkan keputusannya. "Saya sudah siap melakukan lompatan besar, tapi ingin satu dorongan saja, tak perlu besar, kecil pun cukup," tuturnya.

Untuk itu ia bahkan melakukan dialog Tuhan. "Ayolah Allah satu saja," ujarnya menirukan ucapannya sendiri saat itu. Ia duduk dam di tengah ruangan dengan satu lilin menyala. Lama ia menunggu. Tak satupun hal terjadi. "Terus terang sangat kecewa. 'Aduh Engkau melewatkan satu kesempatan'" ujar Ruben saat itu kepada Tuhan.

Ia kembali menunggu pertanda kedua. Lagi-lagi tak ada perubahan, tak ada petunjuk. "Aduh tolong jangan kecewakan aku lagi. Saya lagi-lagi sungguh kecewa." tutur Ruben yang akhirnya memutuskan membuka Al Quran. Ia terhenti oleh beberapa ayat, salah satunya berbunyi "Dan Dia menundukkan malam dan siang, matahari dan bulan untukmu. Dan bintang-bintang itu ditundukkan (untukmu) dengan perintah-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memahami(nya) (QS 52:12)

Membaca ayat itu Ruben tersadar. "Betapa arogannya saya menuntut tanda spesifik seperti yang saya mau. Matahari dan semua ciptaannya di muka bumi adalah tanda bagi kita semua," tutur Ruben.

Begitu yakin dengan keputusannya ia kembali berkunjung ke masjid. "Saya tidak tahu harus berbuat apa dan harus mengucapkan apa, jadi saya putuskan ke masjid." Tiba di masjid Ruben terkejut menjumpai ruangan begitu penuh orang. Rupanya saat itu hari pertama Ramadhan.

Mengutarakan niatnya, ia pun diminta untuk mengucapkan dua kalimat syahadat. "Sangat belepotan, pemandu saya bilang 'Asyhadu' saya jawab "As apa?" sampai berulang kali. Menggelikan." kenang Ruben.

Si pemandu menegaskan pada Ruben bahwa ia harus mengucapkan itu dalam bahasa aslinya, Arab. Kalimat itu tak bisa diucapkan dalam bahasa Inggris. Berlatih beberapa saat, lidah Ruben akhirnya lancar mengucapkan ikrar tersebut. Pada hari pertama Ramadhan itu ia pun resmi menjadi Muslim.

Begitu selesai Ruben mengaku ada beban yang tertarik dan lepas keluar dari tubuhnya. "Saya merasa ringan," ujarnya. Ia mengira saat itu akan mendapat sambutan teriakan dan takbir 'Allahu Akbar'. "Tapi ternyata tidak, satu persatu mereka mendatangi saya, menjabat tangan saya dan mencium saya. Bahkan saya belum pernah mendapat ciuman sebanyak itu dari wanita," tutur Ruben berkelakar.

"Tapi itu peristiwa luar biasa sangat berharga dan tidak bisa saya lupakan. Saya merasa bahagia karena saat itu juga saya mendapat banyak saudara."

Mengetahui ia masuk Islam, orangtuanya sempat cemas. "Mereka takut tiba-tiba nanti saya sudah memanggul AK 47 dan memegang granat," selorohnya. "Saya jelaskan itu tidak mungkin. Terus terang saya merasa tenang. Mental saya lebih stabil, saya juga lebih fokus dan mereka (orangtua-red) melihat perubahan itu." tutur Ruben.

Penasaran, ayahnya pun ikut membaca Al Qur'an. Mereka berkata kepada Ruben sejak menjadi Muslim ia menjadi pribadi lebih baik. "Kamu menjadi orang yang lebih bisa diandalkan, dipercaya dan bisa diminta tolong,'kata Ruben menirukan ucapan ayahnya. "Itulah yang saya rasakan dan saya akan terus meyakini dan mendalami agama ini."

]]>Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Republika Online

Posted: 03 Mar 2011 11:14 PM PST

Republika Online


Republika Online

Posted:

REPUBLIKA.CO.ID,  Kisah pencarian Abu Bakar Ruben dimulai sejak ia berada di bangku kuliah. Saat itu ia ditimpa banyak masalah. Teman dekatnya meninggal karena kecanduan narkoba. Orangtuanya bercerai dan ia mengalami kesulitan keuangan.

"Saya pun mulai bertanya apa sebenarnya tujuan hidup itu?" tuturnya. Peristiwa sulit yang terjadi hampir bertubi-tubi itu menjadi katarsis bagi Ruben untuk melirik agama.

Ruben dibesarkan di Melbourne oleh orangtua yang tak percaya Tuhan. "Saat kecil saya memang dibesarkan untuk menganut Kristen, tapi orang tua saya atheis, sehingga saya cenderung memiliki pandangan atheis," ungkap Ruben.

Agama pertama yang ia coba pelajari adalah Kristen. Kebetulan seorang teman mengundangnya untuk datang ke kemah keagamanan. "Mereka bernyanyi, suara mereka bagus, tapi saya bingung apa artinya," tutur Ruben.

"Mereka kemudian bilang bahwa Tuhan mencintai saya." Ruben keheranan. "Bagaimana mungkin tuhan mencintai saya sedangkan saya punya anjing dia tidak tidak mencintai saya," tuturnya. Rupanya saat itu kehidupan Ruben tak tentu arah. Ia bukan tipe orang yang bisa diandalkan, meskipun yang meminta bantuan adalah orang tuanya dan ia memiliki seekor anjing yang kemudian tak pernah ia urus.

Tak menemukan apa yang ia cari ia pun melangkah lagi, kini giliran Katholik dan Anglican Baptis. Namun ada hal yang membuat ia terganggu setiap saat ia bertanya kepada pemeluknya. "Mereka akan membuka injil dan kemudian berkata 'Oh jawabannya ini saudaraku' sambil beropini," tutur Ruben.

"Setiap kali mereka menjawab mereka beropini, sehingga saya menyimpulkan tentu banyak sekali intepretasi dalam Kristen," katanya. Padahal, lanjutnya, itu belum termasuk perbedaan dalam gereja.

Antara satu pendeta dengan pendeta lain bisa memiliki intepretasi berbeda dan saling mengklaim satu sama lain. "Injil satu rasa tapi intepretasi bermacam dan setiap orang bisa melakukan, itu sangat membingungkan," ujarnya.

Berikutnya ia melakukan persentuhan dengan Hindu. Ia berteman dengan seorang penganut keyakinan tersebut saat bekerja paruh waktu. "Saya kemudian dikenalkan dengan tuhan berkepala gajah." Lagi-lagi Ruben bertanya, mengapa tuhan harus berkepala gajah, apa hubungan gajah dengan tuhan. "Mengapa tidak singa? lebih perkasa. Bagi saya sangat tidak logis dan sulit untuk dipahami."

Menginvestigasi lebih jauh ia menyelidiki agama Yahudi. "Ya nama saya Abu Bakar Ruben, berasal dari Rubenstein, nama yang  sangat Yahudi karena itu saya juga mencoba mencari  tahu apa itu Yahudi,' tuturnya. Namun tak ada satupun dari keyakinan  itu yang mengena di hatinya.

Hingga suatu saat ia bertemu temanya yang beragama Kristen. "Saya ditanya bagaimana pencarianmu, apa saja yang sudah kampu pelajari?" kata Ruben menirukan ucapan si teman. Ia menjawab semua, mulai Kristen, Katholik, Hindu, Budha, Yahudi, Anglikan tapi tak ada yang bisa menarik hatinya.

Si teman bertanya lagi, "Bagaimana dengan Islam?". Pertanyaan langsung disambar Ruben dengan cemooh, "Apa, Islam? Buat apa saya mengivestigasi agama terorisme? Itu gila."

Tapi respon tubuh Ruben berkata lain. "Saya tidak tahu mengapa dan apa yang menggerakan saya, yang jelas saya mengenakan sepatu, berpakaian rapi dan pergi ke masjid. Saya tak punya petunjuk, bagaimana saya melakukan itu," tutur Ruben.

Begitu masuk masjid, Ruben merasa cemas. "Saya berpikir 'Aduh saya bakal mati di sini, saya satu-satunya kulit putih yang terlihat," tuturnya. Ketika itu seorang pria Timur Tengah berperawakan besar dengan cambang tebal mengenakan abaya mendekatinya. Ia bernama Abu Hamzah.

Tiba-tiba diluar dugaan Ruben, Abu Hamzah menyapanya dengan ramah dan bahkan meminta seorang yang lain untuk membuatkan teh bagi Ruben. "Tak pernah saya bayangkan bakal mendapat perlakuan seperti itu," kata Ruben.

Ia pun mulai banyak bertanya, tentang teman-temannya yang telah meninggal, tentang apa itu masa lalu dan masa yang akan datang. Abu Hamzah, seperti yang dituturkan Ruben, berdiri mengambil Al Qur'an dan membuka kitab itu lalu menunjukkan sebuah ayat dan meminta Ruben membaca seraya berkata ini jawabannya.

"Itu benar-benar menghentak saya," kenangnya. Ia pun menanyakan hal-hal sulit lain, seperti mengapa menumbuhkan janggut, mengapat menggunakan hijab, mengapa memiliki istri empat. "Saya pikir itu adalah pertanyaan-pertanyaan sulit, tapi sungguh luar biasa, mereka selalu membuka Al  Qur'an dan lalu memberikan kepada saya untuk dibaca. Itu selalu mereka lakukan sebelum mengulas lebih jauh dengan buku hadis yang juga ada di dalam masjid," tutur Ruben.

"Mereka selalu membuka Al Quran untuk menjawab dan sama sekali tidak beropini," ujarnya. Kemudian Ruben pun bertanya, "Saya ingin tahu tentang opini anda tentang ini, tentang aturan itu."  Diluar harapan Ruben, mereka menjawab, "Saya tidak mungkin dan tidak boleh beropini tentang Firman Tuhan".

"Subhanallah, itulah yang benar-benar menyentuh saya dan selalu membuat saya teringat," ujar Ruben yang telah memeluk Islam saat menuturkan kisahnya. Malamnya ia pun membawa pulang Al Quran. "Dan ketika saya membaca, saya bukan hanya menemukan kisah, tapi seolah-olah ada yang memandu saya."

Ia memandang Al Qur'an tak hanya benar tetapi juga logis dan ilmiah. Ia takjub bagaimana Al Qur'an juga menguraikan proses penciptaan dan kelahiran manusia, penuturan proses sel telur yang dibuahi hingga tercipta gumpalan darah, tumbuh tulang, peniupan ruh hingga akhirnya membentuk janin yang siap dilahirkan ke bumi.

"Inilah yang saya cari, ini yang saya perlukan," ujarnya. Butuh enam bulan sebelum ia sampai pada kesimpulan itu. Tapi ketika hendak membuat perubahan besar, Ruben menginginkan pembenaran lain untuk menguatkan keputusannya. "Saya sudah siap melakukan lompatan besar, tapi ingin satu dorongan saja, tak perlu besar, kecil pun cukup," tuturnya.

Untuk itu ia bahkan melakukan dialog Tuhan. "Ayolah Allah satu saja," ujarnya menirukan ucapannya sendiri saat itu. Ia duduk dam di tengah ruangan dengan satu lilin menyala. Lama ia menunggu. Tak satupun hal terjadi. "Terus terang sangat kecewa. 'Aduh Engkau melewatkan satu kesempatan'" ujar Ruben saat itu kepada Tuhan.

Ia kembali menunggu pertanda kedua. Lagi-lagi tak ada perubahan, tak ada petunjuk. "Aduh tolong jangan kecewakan aku lagi. Saya lagi-lagi sungguh kecewa." tutur Ruben yang akhirnya memutuskan membuka Al Quran. Ia terhenti oleh beberapa ayat, salah satunya berbunyi "Dan Dia menundukkan malam dan siang, matahari dan bulan untukmu. Dan bintang-bintang itu ditundukkan (untukmu) dengan perintah-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memahami(nya) (QS 52:12)

Membaca ayat itu Ruben tersadar. "Betapa arogannya saya menuntut tanda spesifik seperti yang saya mau. Matahari dan semua ciptaannya di muka bumi adalah tanda bagi kita semua," tutur Ruben.

Begitu yakin dengan keputusannya ia kembali berkunjung ke masjid. "Saya tidak tahu harus berbuat apa dan harus mengucapkan apa, jadi saya putuskan ke masjid." Tiba di masjid Ruben terkejut menjumpai ruangan begitu penuh orang. Rupanya saat itu hari pertama Ramadhan.

Mengutarakan niatnya, ia pun diminta untuk mengucapkan dua kalimat syahadat. "Sangat belepotan, pemandu saya bilang 'Asyhadu' saya jawab "As apa?" sampai berulang kali. Menggelikan." kenang Ruben.

Si pemandu menegaskan pada Ruben bahwa ia harus mengucapkan itu dalam bahasa aslinya, Arab. Kalimat itu tak bisa diucapkan dalam bahasa Inggris. Berlatih beberapa saat, lidah Ruben akhirnya lancar mengucapkan ikrar tersebut. Pada hari pertama Ramadhan itu ia pun resmi menjadi Muslim.

Begitu selesai Ruben mengaku ada beban yang tertarik dan lepas keluar dari tubuhnya. "Saya merasa ringan," ujarnya. Ia mengira saat itu akan mendapat sambutan teriakan dan takbir 'Allahu Akbar'. "Tapi ternyata tidak, satu persatu mereka mendatangi saya, menjabat tangan saya dan mencium saya. Bahkan saya belum pernah mendapat ciuman sebanyak itu dari wanita," tutur Ruben berkelakar.

"Tapi itu peristiwa luar biasa sangat berharga dan tidak bisa saya lupakan. Saya merasa bahagia karena saat itu juga saya mendapat banyak saudara."

Mengetahui ia masuk Islam, orangtuanya sempat cemas. "Mereka takut tiba-tiba nanti saya sudah memanggul AK 47 dan memegang granat," selorohnya. "Saya jelaskan itu tidak mungkin. Terus terang saya merasa tenang. Mental saya lebih stabil, saya juga lebih fokus dan mereka (orangtua-red) melihat perubahan itu." tutur Ruben.

Penasaran, ayahnya pun ikut membaca Al Qur'an. Mereka berkata kepada Ruben sejak menjadi Muslim ia menjadi pribadi lebih baik. "Kamu menjadi orang yang lebih bisa diandalkan, dipercaya dan bisa diminta tolong,'kata Ruben menirukan ucapan ayahnya. "Itulah yang saya rasakan dan saya akan terus meyakini dan mendalami agama ini."

]]>Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

ANTARA - Mancanegara

Posted: 03 Mar 2011 09:33 PM PST

ANTARA - Mancanegara


Assenge Puji "Pahlawan" Tentara Terkait WikiLeaks

Posted: 03 Mar 2011 08:42 PM PST

London (ANTARA News) - Julian Assenge, pendiri website WikiLeaks, kepada ITV Inggris Kamis, memuji tentara yang diduga memberikan dokumen rahasia AS kepada websitenya sebagai "pahlawan tak tertandingi."

Para pendukung Bradley Manning, 23, mengklaim bahwa prajurit angkatan darat itu sedang ditahan "dalam lubang" di penjara pangkalan Korps Marinir Quantico di Virginia, sebuah klaim yang disangkal Pentagon, demikian AFP melaporkan.

"Baginya kini berada di penjara selama 10 bulan dalam kurungan sendirian, tanpa pengadilan, merupakan perlakukan kejam," kata Assange dalam program berita tersebut.

David Coombs, pengacara Manning, mengakui bahwa kliennya "secara teknis tidak ditahan dalam kurungan sendirian," tetapi mengklaim bahwa prajurit tersebut dalam tahanan dengan kondisi "sangat tidak ramah."

"Dia, terlepas apakah tuduhan tersebut benar atau salah, adalah tahanan politik nomor satu," tambah Assange. "Jika tuduhan ini benar, dia pahlawan tak tertandingi.

"Lihat apa yang sedang terjadi di Timur Tengah sebagai hasil dari beberapa materi yang telah kami terbitkan."

David House, seorang teman yang secara teratur mengunjungi Manning di penjara, mengatakan kepada program berita itu bahwa dia yakin AS sedang mencoba untuk memaksa mantan analis intelijen AS itu untuk membawa Assange.

Manning diijinkan keluar selnya hanya selama satu jam per hari untuk berolahraga di luar ruangan atau senam di dalam ruangan, katanya.

"Terkait dengan kasus Bradley Manning, sangat jelas pemerintah AS sedang mencoba untuk membuka melalui kurungan sendirian hingga menyebabkan  kehancuran emosional," kata House kepada ITV.

"Mereka mencoba memaksanya agar mengeluarkan pengakuan, atau pengakuan palsu, sehingga mereka dapat mengaitkannya dengan Julian Assenge," tambahnya.

Otoritas militer AS menimpakan tuduhan tambahan terhadap Manning Rabu, menuduhnya mengunduh secara tidak sah sejumlah besar arsip rahasia pemerintah dan "membantu musuh."

Sekretaris pers Pentagon Geoff Morrell menyangkal Manning sedang dianiaya, mengatakan Kamis: "Ada 30 orang dalam koridor letter-U, jadi dia tidak berada dalam lubang. Dia tidak sendirian. Dia diperbolehkan bercakap-cakap dengan mereka di koridor itu." (ANT/K004)

Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Chavez Ingin Tengahi Krisis Libya, Pemrotes Menolak

Posted: 03 Mar 2011 06:14 PM PST

Hugo Chavez (ANTARA/REUTERS/Jorge Silva)

Kami dapat mengkonfirmasi ketertarikan Libya untuk menerima usul ini, begitu juga dengan Liga Arab

Berita Terkait

Caracas (ANTARA News) - Presiden Veneuzela Hugo Chavez, Kamis (3/3), menawarkan diri untuk menengahi krisis Libya, kata beberapa pejabat di Caracas, dan menambahkan pemimpin Libya Muamar Gaddafi tertarik dengan tawaran itu.

Namun dipihak lain, pemrotes di Libya dengan tegas menolak usul itu dan negara-negara Barat juga menepis tawaran tersebut.

Menteri Penerangan Venezuela Andres Izarra mengatakan Chavez membahas usul itu dengan Gaddafi melalui telefon, sekitar dua pekan setelah protes berlangsung sehingga ratusan orang tewas di negara Afrika Utara tersebut.

"Kami dapat mengkonfirmasi ketertarikan Libya untuk menerima usul ini, begitu juga dengan Liga Arab," kata Izarra dikutip AFP.

Chavez, seorang sekutu Gaddafi, pertama kali melontarkan pada Senin gagasan mengenai pembentukan misi perdamaian internasional guna berusaha mencapai penyelesaian yang akan menghindari perang saudara di Libya.

Pemrotes Libya dan negara lain menolak tawaran itu.

"Kami memiliki pernyataan yang sangat jelas. Itu sangat terlambat. Terlalu banyak darah telah mengalir," kata Mustafa Gheriani, jurubicara bagi kelompok yang menyebut dirinya Dewan Nasional, yang didirikan di kota Benghazi, Libya timur.

Liga Arab menyatakan organisasi pan-Arab tersebut "sedang mempelajari" tawaran itu. Namun satu sumber di Liga Arab mengatakan tanggapan atas usul Chavez harus dipertimbangkan secara seksama.

"Tak ada penolakan dan tak ada penerimaan saat ini," kata sumber tersebut.

Di Washington, jurubicara Departemen Luar Negeri Philip Crowley mengatakan kepada wartawan, "Kita tak perlu satu komisi internasional untuk memberitahu Kolonel Gaddafi apa yang perlu ia lakukan demi kebaikan negerinya dan kebaikan rakyatnya."

Dalam taklimat di Washington bersama Presiden Mexico Felipe Calderon, Presiden Barack Obama menyeru Gaddafi agar meletakkan jabatan demi kebaikan negerinya. Obama juga mengatakan ia sedang mengkaji "aksi penuh" pilihan militer, termasuk zona larangan terbang.

Prancis juga menolak usul penengahan Chavez. Menteri Luar Negeri Alain Juppe mengatakan, "Setiap penengahan yang memungkinkan Kolonel Gaddafi untuk membuat dirinya berhasil tentu saja tak dapat diterima."

Juppe berbicara setelah pertemuan di Paris dengan Menteri Luar Negeri Inggris William Hague, yang mengatakan ia memiliki "pandangan bahwa cara paling cepat untuk mengakhiri pertumpahan darah ialah Kolonel Gaddafi mundur".

Sementara itu pemrotes di Benghazi bersikukuh mereka "takkan pernah berunding dengan siapa pun mengenai darah rakyat kami".

"Satu-satunya cara kami dapat berunding dengan Chavez ialah jika Gaddafi pergi ke Venezuela (demi kebaikannya)," kata Gheriani. "Lalu kami akan meminta dia untuk mengembalikan Gaddafi ke Libya untuk dihukum oleh keadilan kami."

Chavez awal pekan ini mengatakan setiap campur tangan militer asing di Tripoli akan jadi "bencana".

(SYS/C003/S008/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

KOMPASentertainment

Posted: 03 Mar 2011 09:30 PM PST

KOMPASentertainment


Nia Dinata Siapkan "Arisan 2"

Posted: 04 Mar 2011 03:46 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara kondang Nia Dinata tengah sibuk menulis skenario untuk film sekuel Arisan, yang kontroversial sekaligus fenomenal itu.

"Iya, sekarang lagi nulis skenario Arisan 2. Pemain sama. Lima sekawan masih ada," katanya saat ditemui di La Codefin, Kemang, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Film Arisan yang diluncurkan 2004 itu dibintangi oleh Tora Sudiro, Cut Mini, Surya Saputra, dan Aida Nurmala. Dalam film itu mereka bersahabat. Berkat kepiawaian mereka, film itu menjadi salah satu film terlaris di Indonesia dan meraih sejumlah penghargaan internasional.

Dalam sekuelnya, tokoh yang mereka perankan masih tetap sama. "Tetapi di Arisan 1, umur mereka masih tiga puluhan. Sekarang empat puluhan. Jadi, problematikanya berbeda," terangnya.

Problematika dalam film itu menjadi fenomenal karena mengangkat realitas yang dianggap tabu di Indonesia. Terutama tokoh yang diperankan oleh Tora Sudiro dan Surya Saputra. Keduanya terlibat hubungan asmara. Dengan kata lain, mereka homo seksual.

Dalam sekuel Arisan 2, problematika tokoh yang diperankan Tora dan Surya tetap menjadi menu andalan, sebab, yang dihadapi keduanya tetap menarik untuk disimak dan diikuti jalan ceritanya. "Itu justru gongnya, apakah Surya dan Tora masih bersatu?" serunya.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Demi "Serbuan Maut", Aktor Disekolahkan di Markas Militer

Posted: 04 Mar 2011 02:45 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com — Demi film Serbuan Maut, aktor yang berperan sebagai pasukan khusus inti "disekolahkan" selama lima hari di Markas Besar Komando Pasukan Katak TNI Angkatan Laut (Kopaska). Mereka mendapatkan pelatihan dasar penggunaan senjata api, serangan strategis, teknis pertahanan, disiplin mental, dan semangat kebersamaan.

"Serbuan Maut" menceritakan pasukan khusus berjumlah 20 orang dengan misi menangkap raja bandar narkotika bernama Tama yang diperankan Ray Sahetapy beserta kedua kaki tangan kanannya, Andi (Dony Alamsyah) dan Mad Dog (Yayan Ruhian). Pasukan khusus yang antara lain adalah Rama (Iko Uwais), Jaka (Joe Taslim), Bowo (Tegar Satrya), dan Budi (Verdi Solaiman) menyerbu apartemen kumuh penuh kawanan pelaku kriminal berat.

Ketika sedang menjalankan misinya, pasukan khusus terlihat oleh Tama. Otomatis, Tama memerintahkan anak buahnya menyerbu pasukan elite itu. Di sinilah babak-babak yang dipenuhi aksi laga hidup-mati.

Diam tetapi pasti, produser film laga nasional PT Merantau Films sedang mempersiapkan film layar lebar keduanya, Serbuan Maut atau The Raid. Hal ini tak lain untuk membuntuti kesuksesan film perdananya Merantau yang cukup sukses ketika dirilis pada 2009.

Merantau Films masih mengandalkan duo koreografer bela diri, Iko Uwais dan Yayan Ruhian, dan sutradara Gareth H Evans. Sang sutradara menjanjikan film ini bakal dipenuhi laga full body contact dan baku tembak sejak 15 menit awal dimulainya film.

"Film Merantau cukup memenuhi apa yang saya harapkan. Demikian harapan saya pada Serbuan Maut. Namun, film kedua ini akan menceritakan drama yang tidak berat dengan aksi menendang sejak 15 menit awal film dan terus beraksi sampai akhir," katanya, kemarin di Jakarta.

Namun, pecinta film laga harus menahan diri dulu. Pasalnya, Serbuan Maut baru beredar di bioskop Tanah Air pada awal 2012. Film yang dibintangi aktor gaek Ray Sahetapy, Donny Alamsyah, Jo Taslim, Pierre Gruno, Iko Uwais, dan Yayan Ruhian ini sedang pada masa persiapan pengambilan gambar. Proses itu berlangsung pada pertengahan Maret sampai akhir Mei 2011.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

KOMPAS.com - Internasional

Posted: 03 Mar 2011 09:24 PM PST

KOMPAS.com - Internasional


Aljazair Bantah Dukung Khadafy

Posted: 04 Mar 2011 04:01 AM PST

Aljazair Bantah Dukung Khadafy

Editor: Egidius Patnistik

Jumat, 4 Maret 2011 | 12:01 WIB

ALJIERS, KOMPAS.com - Aljazair bantah tuduhan pemberontak Libya bahwa negara itu telah membantu para pendukung pemimpin Moamar Khadafy dalam perang saudara di Libya.

"Saya membantah dengan keras informasi ini. Ini benar-benar tak dapat difahami," kata Halim Benatallah, utusan kementerian yang mengurusi warga Aljazair di luar negeri, Kamis, kepada Reuters. "Sebaliknya, Aljazair telah memainkan peran kemanusiaannya dengan berupaya membantu semampunya."

Benatallah berbicara di pelabuhan Aljiers, tempat sebuah kapal Aljazair yang membawa 1.300 warga Aljazair, Amerika, Maroko dan Tunisia yang melarikan diri dari kekerasan di Libya. Para pengunsi itu tiba dari Tripoli dan Benghazi.

Pemberontak Dewan Nasional Libya mengatakan, Rabu, mereka yakin Niger, Mali dan Kenya telah mengirim tentara untuk membantu Khadafy ketika ia melawan pemberontakan terhadap pemerintahannya. "Ada bukti bahwa pemerintah Aljazair mengambil bagian dalam hal itu," ujar jurubicara dewan Hafiz Ghoga.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Nasib Al Qaeda Diperdebatkan

Posted: 04 Mar 2011 02:38 AM PST

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Sejumlah analis, Rabu (2/3), meyakini adanya kebingungan luar biasa di kalangan garis keras pejuang jihad (jihadist) dalam menyikapi perkembangan dan situasi terakhir di Timur Tengah terkait gelombang revolusi rakyat yang terjadi di sejumlah negara.

Kebingungan terutama soal bagaimana mereka harus bersikap, mengartikan, dan mengaitkan semua peristiwa itu dengan visi dan garis perjuangan mereka dalam menegakkan kepemimpinan Islam di dunia, seperti yang selama ini dipaksakan oleh kelompok Al Qaeda.

Berbagai kebingungan dan bahkan perpecahan pendapat muncul dalam beberapa "diskusi" yang mereka gelar. Hal ini, antara lain, terlihat melalui jaringan internet (online) macam Forum Shumukh al-Islam, yang dimonitor kelompok intelijen SITE Intelligence Group.

Selama ini mereka diketahui berdiam diri dan tidak menanggapi aksi rakyat di sejumlah negara. Hal ini diyakini sebagai cara mereka menyerap dan mencerna apa yang terjadi di kawasan tersebut.

Beberapa dari mereka menganggap kondisi ini adalah saat yang paling membahayakan bagi keberadaan mereka. Namun, sebagian lain justru memandangnya sebagai peluang.

Ada juga kelompok yang menganggap tidak ada yang berubah pascaberbagai gejolak di Timur Tengah ini. Mereka tidak khawatir kerusuhan yang terjadi bakal mengganggu atau bahkan memperburuk perjuangan mereka.

Berbagai tanggapan yang muncul dalam forum itu diyakini menunjukkan kalkulasi yang telah dibuat dalam lingkaran kelompok-kelompok jihad.

"Apanya yang berubah?" tulis Abu Musab al-Dhahak dalam forum online itu.

Menurut dia, rakyat di sejumlah negara yang bergolak itu sama sekali tidak mengusir atau mengubah apa pun selain sekadar wajah dan simbol.

Bagi Al-Dhahak, kejatuhan rezim harus diterjemahkan sebagai jatuhnya demokrasi dan berdaulatnya syariat Tuhan.

Tidak siap

Namun, berbeda dengan yang menjadi kebiasaannya selama ini, kelompok garis keras Al Qaeda terkesan kuat tidak siap. Mereka tidak mampu bereaksi dengan cepat dalam menyikapi penggulingan penguasa otoriter yang telah memimpin dalam jangka panjang, seperti di Mesir dan Tunisia.

Padahal, mereka biasanya selalu ingin menyampaikan pesan-pesan mereka, bahkan saat mereka berada dalam kondisi terdesak sekalipun.

Kondisi itu tampak dalam pernyataan pemimpin nomor dua Al Qaeda, Ayman Zawahiri, yang hanya merespons kejadian di Mesir sebagai "harapan dan kabar gembira". Zawahiri sekaligus menegaskan kembali kewajiban menjadikan hukum syariah sebagai batu landasan setiap gerakan revolusi.

Apa yang juga dianggap tidak biasa karena pernyataan Zawahiri itu sama sekali tidak menyentuh implikasi kejadian tersebut dengan kemungkinan kebangkitan populer bagi Al Qaeda, yang selama ini menolak demokrasi dan kebebasan sipil.

"Saya tidak pernah melihat mereka sediam ini. Sepertinya mereka sedang menunggu dan melihat sambil terus merundukkan kepala. Buat saya, ini adalah kepemimpinan Al Qaeda yang paling reflektif," ujar Jarret Brachman, mantan analis badan intelijen CIA dan pakar Al Qaeda, Rabu.

Sejumlah analis juga berpendapat, Amerika Serikat jangan terburu-buru mencoret keberadaan Al Qaeda dari daftar sumber ancaman terhadap mereka menyusul perubahan besar-besaran di kawasan Timur Tengah. Selain karena Al Qaeda masih punya akar kuat di sejumlah negara seperti Yaman, perubahan yang terjadi juga harus bisa dimanfaatkan dengan baik.

"Saat rezim berubah cepat, dalam jangka pendek kondisi itu bisa menguntungkan Al Qaeda akibat ketidakstabilan dan kekosongan yang terjadi. Namun, bisa juga sebaliknya jika perubahan mendatangkan perbaikan bagi rakyat, seperti terciptanya lapangan pekerjaan baru dan pemberantasan korupsi," ujar peneliti New American Foundation, Barak Barfi. (AFP/DWA)

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

The Malaysian Insider :: World

Posted: 03 Mar 2011 07:44 PM PST

The Malaysian Insider :: World


Sectarian clashes erupt in Bahrain

Posted: 03 Mar 2011 07:00 PM PST

HAMAD TOWN, Bahrain, March 4 — Sunni and Shi'ite Muslims clashed in a town in Bahrain yesterday, the first direct confrontation between the two sides since large-scale protests erupted in the kingdom's main city two weeks ago.

Residents said a group of Shi'ites fought with a group of Sunnis and what they said were Bahrainis of Syrian extraction.

"There were about a hundred people involved," one resident said.

Police helicopters circled overhead and two ambulances rushed from the scene. Youth with sticks and batons were also leaving the area.

The protesters camped out in the capital want political reform and better access to government jobs for the country's Shi'ite majority, which has long complained of second-class status and discrimination. The government denies this.

The clash came on the same day that Bahraini opposition groups said they were now ready to enter into talks with the government without pre-conditions, but have sent a letter to the crown prince saying they want a new government and constitution.

A Sunni royal family rules the country of 1.2 million, half of whom are native Bahrainis, and a majority of those Shi'ite.

The protests in the capital Manama have been largely free of violence after police withdrew following an initial crackdown that killed seven.

The crowds, which also include some Sunnis, have been careful to avoid sectarian tones and instead stuck to calls for national freedom and unity.

Residents in Hamad said fighting died down when police forces arrived. Later there was a standoff between riot police and groups of Shi'ites who rushed to the area from other parts of Bahrain.

"One man fell down and a large group came and beat him," one witness said. "There's still groups with sticks everywhere but fighting has largely stopped." — Reuters

 

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Shi’ites stage protests in Saudi oil province

Posted: 03 Mar 2011 06:50 PM PST

Protesters hold a banner with the faces of prisoners during a demonstration in the Gulf coast town of Awwamiya, March 3, 2011. — Reuters pic

QATIF, Saudi Arabia, March 4 — Saudi Shi'ites staged protests in two towns in Saudi Arabia's oil-producing Eastern Province yesterday, demanding the release of prisoners they say are being held without trial.

Demonstrations of about 100 people were seen in the small Gulf coast town of Awwamiya, as well as in the nearby Shi'ite centre of Qatif, demanding the release of those whom the protesters say were arrested for security reasons and held, in some cases, for more than a decade.

"We want the prisoners free but we also have other demands," said Radi al-Suwaileh, who was in the Qatif march. "We want equality."

They are calling for better access to jobs and to be treated as equals in the ultra-conservative kingdom dominated by a rigid form of Sunni Islam, Wahhabism. Shi'ites say that while their situation has improved under reforms launched by King Abdullah, they still face restrictions in getting senior government jobs.

The government of Saudi Arabia, an absolute monarchy without an elected parliament that usually does not tolerate public dissent, denies these charges.

"We want jobs," said one young man who gave his name as Muhammad. "I graduated from a US university but did not get a job for 10 months."

Saudi Arabia's Shi'ite minority mostly live in the east, which holds much of the oil wealth of the world's top crude exporter and is near Bahrain, scene of protests by majority Shi'ites against their Sunni rulers.

More than two million Shi'ites are thought to live in the area, and in recent years they have increasingly practised their own religious rites thanks to the King's reforms.

No threat to system

"We want freedom, we want equality," one woman chanted.

Another clad in black, who called herself Umm Turki, said she wanted her husband, in prison for 13 years, back.

"Peaceful, peaceful," demonstrators in Awwamiya shouted, holding up pictures of Shi'ites they say have been long held without trial, while policemen stood nearby without interfering.

One held a placard saying: "We do not plan to overthrow the system."

In Qatif, a 10-minute drive away, riot police wearing helmets arrived in two troop transport vehicles, blocking protesters from moving further on a main thoroughfare.

Some wielded signs saying: "The reform movement wants reforms", "God is great", and "We want our prisoners free".

Last month, Saudi authorities released three prisoners after a previous protest by Shi'ites in Awwamiya.

Last week, King Abdullah returned to Riyadh after a three-month absence in the US for medical treatment, and unveiled US$37 billion (RM112 billion) in benefits to help lower- and middle-income people among the 18 million Saudi nationals. It includes pay rises to offset inflation, unemployment benefits and affordable family housing.

The demonstrations in and near Qatif were much smaller than protests staged in 2009 after police launched a search for firebrand Shi'ite preacher Nimr al-Nimr, who had suggested in a sermon that Shi'ites could one day seek a separate state.

The secessionist threat, which analysts say was unprecedented since the 1979 Iranian revolution, provoked anti-government protests, and was followed by clashes between the Sunni religious police and Shi'ite pilgrims near the tomb of Prophet Mohammad in the holy city of Medina.

Since then, Shi'ites say the situation has calmed down but they are still waiting for promised reforms to be implemented. — Reuters

 

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Utusan Online - Luar Negara

Posted: 03 Mar 2011 07:33 PM PST

Utusan Online - Luar Negara


Golkar, PKS sedia jadi pembangkang

Posted:

Golkar, PKS sedia jadi pembangkang

Golkar, PKS sedia jadi pembangkang

Daripada SAHARUDIN MUSTHAFA
saharudin.musthafa@utusan.com.my

JAKARTA 3 Mac – Kemelut kepimpinan Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono semakin meruncing apabila dua parti politik utama yang menganggotai Sekretariat Gabungan pimpinan Susilo menyatakan kesediaan untuk keluar dari gabungan itu.

Kedua-dua parti berkenaan ialah Parti Golongan Karyawan (Golkar) dan Parti Keadilan Sejahtera (PKS) yang menyatakan kesediaan mereka untuk beralih menjadi parti pembangkang.

Menurut Naib Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Parti Golkar, Priyo Budi Santoso, parti berkenaan sudah bersiap sedia untuk berada di luar pemerintahan Susilo.

"Golkar sudah siap sedia berada di dalam atau di luar pemerintahan. Saya pastikan Golkar akan melakukan tugas yang baik dengan cara kami. Jangan pandang remeh keupayaan kami," kata Priyo.

Beliau turut menegaskan, berada di dalam gabungan pemerintahan Susilo atau tidak, hal itu bergantung pada keputusan Presiden.

"Bagaimanapun, kami tidak ada rancangan untuk mengubah sikap kritikal kami untuk menyatakan pendirian dan mengikut semua keinginan pemerintah," tegas beliau lagi.

Sementara itu, Setiausaha Agung PKS, Anis Matta pula menegaskan, PKS tidak ada sebarang masalah untuk beralih arah kerana parti itu berpengalaman sebagai pembangkang pada era pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri.

"Kalau PKS dikeluarkan dari parti gabungan, secara automatik PKS akan menjadi parti pembangkang," ujar Anis lago.

Menurut Anis, rancangan untuk menilai semula kerjasama permuafakatan oleh Susilo merupakan provokasi berlebihan oleh Parti Demokrat yang dipimpin Presiden.

"Parti Demokrat sudah mempengaruhi Susilo secara berlebih-lebihan sedangkan mereka (Demokrat) yang gagal mengelolakan gabungan itu," kata beliau seperti dilaporkan akhbar Kompas hari ini. – Utusan

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Susilo mungkin rombak Kabinet Indonesia

Posted:

Susilo mungkin rombak Kabinet Indonesia

Susilo mungkin rombak Kabinet Indonesia

JAKARTA 3 Mac - Bayangan terhadap rombakan kabinet Indonesia semakin jelas kelihatan selepas Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengadakan pertemuan dengan ketua-ketua parti politik yang menganggotai Sekretariat Gabungan kepimpinannya di sini semalam.

Pemerhati politik dan akhbar-akhbar utama Indonesia meramalkan Susilo akan merombak kabinetnya pada bila-bila masa saja pada bulan ini.

Semalam, beliau bertemu dengan pemimpin parti-parti politik yang bergabung dengannya dalam kerajaan kecuali Parti Golongan Karyawan (Golkar) dan Parti Keadilan Sejahtera (PKS) yang dilihat seperti menentang kerajaan.

Pada pertemuan tertutup selama lebih dua jam di Wisma Negara semalam, Susilo turut meminta pandangan daripada semua pemimpin parti politik yang bergabung dalam kepimpinannya berhubung semangat permuafakatan dalam Gabungan Sekretariat yang semakin longgar.

Pegawai khas politik Susilo, Daniel Sparringa berkata, seandainya berlaku rombakan kabinet, Presiden pastinya akan mengambil kira semangat permuafakatan parti-parti politik dalam gabungan kepimpinan serta kualiti anggota kabinet yang mengetuai sesebuah kementerian.

"Kesemua menteri yang mewakili sesebuah parti politik dalam gabungan sudah dimaklumkan mengenai situasi yang semakin kompleks agar mereka peka," kata Daniel seperti dilaporkan akhbar The Jakarta Post.

Rombakan kabinet Susilo juga dijangka diadakan bulan ini selepas Presiden Indonesia itu menerima surat jawapan daripada ketua-ketua parti politik mengenai komitmen mereka dalam gabungan yang diasaskan untuk mendukung aspirasi kepimpinan beliau dan Naib Presiden, Boediono.

"Saya juga tidak terkejut seandainya Susilo menyampaikan mesej yang penting dalam surat yang dikirim kepada ketua-ketua parti," kata Daniel lagi.

The Jakarta Post turut melaporkan, Presiden Susilo berhasrat untuk melucutkan keanggotaan PKS dalam gabungan itu dan jawatan menteri yang disandang wakil PKS akan ditawarkan kepada parti lain.

Ketika ini, PKS mempunyai empat jawatan dalam kabinet Susilo iaitu Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kementerian Pertanian, Kementerian Kajian dan Teknologi serta Kementerian Sosial.

Selasa lalu, Presiden Indonesia itu menegaskan, parti-parti politik yang tidak mendukung aspirasi kepimpinan beliau dan Naib Presiden, Boediono boleh memilih untuk keluar daripada terus menganggotai Sekretariat Gabungan kepimpinan kerajaan.

Menjelaskan mengenai pertemuan tertutup itu, Pengerusi Parti Demokrat, Annas Urbaningrum mengesahkan, tidak semua pemimpin parti politik yang menganggotai gabungan kepimpinan Susilo menghadiri pertemuan yang membincangkan mengenai masa depan majlis permuafakatan itu.

Ketika ini, enam parti yang bergabung dalam Sekretariat Gabungan ialah parti Demokrat (pimpinan Susilo), Golkar, PKS, Parti Amanat Nasional (PAN), Parti Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Parti Persatuan Pembangunan (PPP).

Keenam-enam parti berkenaan menguasai 423 kerusi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Golkar dan PKS sering tidak sependapat dengan anggota permuafakatan setiap kali keputusan dibuat di DPR. - Utusan

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

ANTARA - Berita Terkini

Posted: 03 Mar 2011 07:12 PM PST

ANTARA - Berita Terkini


Jumlah Penyu Bertelur dii Pantai Paloh Menurun

Posted: 03 Mar 2011 06:53 PM PST

(FOTO ANTARA/Ismar Patrizki)

"Perubahan ekosistem yang disebabkan oleh alam maupun manusia, sehingga mempengaruhi penyu untuk bertelur."

Berita Terkait

Paloh, Kalimantan Barat (ANTARA News) - Jumlah penyu yang mendarat dan bertelur di Pantai Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, diperkirakan Dana Suaka Margasatwa (WWF) terus mengalami penurunan karena pengaruh perubahan ekosistem sekitar.

"Perubahan ekosistem yang disebabkan oleh alam maupun manusia, sehingga mempengaruhi penyu untuk bertelur," kata Koordinator Penyu Paloh WWF - Indonesia, Dwi Suprapti, di Paloh, Sambas, Jumat.

Pantai Paloh yang berada di Kecamatan Paloh, berbatasan dengan Sarawak, Malaysia. Panjang Pantai Paloh mencapai 63 kilometer.

World Wild-Life Fund for Nature (WWF) - Indonesia baru mulai melakukan pengamatan secara intensif sejak pertengahan tahun 2009.

Lokasi yang paling sering didarati penyu untuk bertelur adalah area sepanjang 19,3 kilometer dari Sungai Belacan ke Mutusan. Ada dua endemik penyu yang paling sering mendarat di Pantai Paloh untuk bertelur yakni penyu hijau (Chelonia mydas) dan penyu sisik (Eretmochelys imbricata).

Berdasarkan data WWF - Indonesia, puncak masa bertelur penyu antara Juni hingga Oktober.

Di tahun 2009, jumlah sarang telur penyu hijau di pantai sepanjang 19,3 kilometer itu saat puncak musim adalah 2.102 buah, penyu sisik 41 buah.

Pada 2010, pada periode yang sama, ada 1.501 sarang telur penyu hijau, penyu sisik delapan sarang. Sementara itu, sepanjang tahun 2010, total sarang penyu hijau adalah 1.994 buah, penyu sisik 46 buah.

Jumlah penyu hijau yang mendarat di pantai tersebut, di tahun 2010 sebanyak 4.123 individu, penyu sisik 72 individu. Tidak semua penyu yang mendarat di pantai, bertelur.

Menurut Dwi Suprapti, penyu akan bertelur di kawasan yang kondisinya kondusif, yakni bebas dari aktivitas, tidak adanya cahaya buatan dan sampah yang mengganggu perjalanan mereka di pantai.

Kondisi pantai yang dituju penyu untuk bertelur landai, tanpa karang.

"Penyu hijau selalu mencari tempat teraman untuk bertelur," kata dia. Penyu

Selain itu, menurut dia, hal tersebut merupakan bagian dari ekosistem laut yang sangat penting.

"Penyu menunjukkan kesuburan laut di suatu kawasan perairan," katanya.

Lokasi sumber makanan penyu hijau adalah padang lamun dan algae. Padang lamun merupakan rumput laut yang mempunyai akar pengikat pasir yang dapat mencegah abrasi. Lamun merupakan tanaman biji-bijian. Biji yang dimakan penyu akan dikeluarkan kembali menjadi bibit yang disebar ke berbagai perairan.

Sedangkan, penyu hijau memakan karang-karang tua yang dapat memicu tumbuhnya karang-karang baru. "Sisa makanan karang berupa pasir yang dikeluarkan kembali oleh penyu sisik," kata Dwi, dokter hewan alumni Universitas Udayana, Bali itu.

Lokasi makanan itu akan terganggu, misalnya akibat tingkat keruh air yang tinggi disebabkan aktivitas manusia, sehingga penetrasi cahaya matahari tidak menjangkau lamun.

Lamun, sebagai rumput laut, membutuhkan sinar matahari untuk tumbuh. "Tumpahan minyak juga mengganggu kualitas feeding area penyu," ucap Dwi, yang asli Singkawang, Kalbar itu.

Selain itu, peningkatan suhu air laut memicu terjadinya pemutihan karang, sehingga tidak dapat hidup dan tumbuh. Padahal, karang dapat berfungsi sebagai sumber makanan biota laut dan pemecah ombak di pantai.

"Kalau dalam satu ekosistem ada yang hilang, maka akan terganggu ekosistem tersebut," papar Dwi.

Kecamatan Paloh berada di sebelah utara Pontianak dengan jarak sekitar 300 kilometer. Pantai Paloh berhadapan dengan Laut Natuna dan perairan Kepulauan Riau.

Penyu siap untuk bereproduksi setelah usia 29 - 30 tahun. Masa bertelur juga berdasarkan siklus tertentu, yakni dalam kurun waktu 3 - 5 tahun. Selama periode tersebut, telur bisa bertelur lima sampai delapan kali. Kemudian, penyu akan kembali bertelur tiga sampai lima tahun lagi.

Satu kali penyu bertelur rata-rata sebanyak seratus butir.
(T.T011/C004/P003)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

KPK Fleksibel Soal Pembuktian Terbalik

Posted: 03 Mar 2011 06:49 PM PST

Gayus Halomoan Tambunan meninggalkan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi di Jakarta usai pemeriksaan lanjutan. (ANTARA/Fanny Octavianus)

Berita Terkait

Video

Jakarta (ANTARA News) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersikap fleksibel untuk menggunakan proses pembuktian terbalik atau tidak dalam menangani kasus pajak Gayus Tambunan.

"Kita (KPK) belum tahu apakah akan menggunakan pembuktian terbalik. Tapi jika itu dibutuhkan akan digunakan," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi, di Jakarta Jumat.

Hingga saat ini penanganan kasus pajak terkait Gayus di lembaga antikorupsi tersebut masih dalam tahap penyelidikan. Karena itu belum dapat dipastikan apakah pembuktian terbalik akan digunakan jika nanti memang ada kasus yang berkenaan dengan pajak tersebut meningkat statusnya menjadi penyidikan.

"Sekarang kan masih penyelidikan. Jadi kita tidak mau berandai-andai apakah pembuktian terbalik akan digunakan atau tidak, karena harus dilihat juga kasusnya seperti apa," ujar dia.

Johan mengatakan Indonesia memang belum memiliki undang-undang khusus pembuktian terbalik. Namun berkaitan dengan pasal gratifikasi, pembuktian terbalik dapat digunakan.

Dalam evaluasi dua mingguan pada Selasa (22/2), Wakil Presiden Boediono memang meminta penanganan kasus mafia pajak mantan pegawai Ditjen Pajak Gayus Halomoan Tambunan agar diarahkan ke proses pembuktian terbalik.

"Kita kelak akan mengupayakan untuk membuat proses pembuktian terbalik, ini efektif dan sesuai dengan ketentuan hukum. Kita menginginkan menjadi suatu instrumen untuk mencegah dan menanggulangi masalah korupsi," kata Boediono selaku koordinator pelaksana 12 poin Instruksi Presiden (Inpres) soal mafia pajak.

Menurut dia, langkah pembuktian terbalik memiliki landasan hukum yang jelas dan memiliki dua keuntungan yang bisa diperoleh dengan menerapannya.

Keuangan negara yang juga milik rakyat akan cepat kembali tanpa melalui proses panjang dan dampak jera bagi pelaku cukup signifikan jika pelaksanaannya berjalan baik.

"Ini sangat bagus untuk mengamankan uang negara. Dan sebagai alat kita untuk mengefektifkan pencegahan dan berantas korupsi," katanya.

(V002/A011/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi international.okezone.com

Posted: 03 Mar 2011 03:07 PM PST

Sindikasi international.okezone.com


Terancam Ekstradisi, Assange Ajukan Banding

Posted: 03 Mar 2011 05:04 AM PST

LONDON - Pengacara pendiri WikiLeaks Julian Assange mengajukan banding atas putusan ekstradisi yang ditetapkan kepada kliennya. Seperti diketahui, Pengadilan Inggris memerintahkan Assange diekstradisi ke Swedia menyangkut tuduhan kasus kejahatan seks yang dilayangkan padanya.


Pejabat di Pengadilan Tinggi London beserta pengacara Assange mengatakan surat pengajuan banding tersebut sudah dimasukan. Namun belum ada tanggal yang ditentukan mengenai sidang banding tersebut. Demikian diberitakan Associated Press, Kamis (3/3/2011).


Pekan lalu hakim mengharuskan Assange di ekstradisi untuk menghadapi tuduhan kasus pemerkosaan dan pelecehan seksual terhadap dua perempuan. Hakim Howard Riddle menolak pembelaan pengacara Assange yang menyebutkan pria Australia tersebut tidak mendapatkan pengadilan yang adil di Swedia.


Assange sendiri menolak keras tuduhan yang diarahkan padanya. Ia mengaku melakukan hubungan seks dengan kedua perempuan tersebut atas dasar suka sama suka.


Namun pihak pengadilan Swedia sendiri menolak eksepsi Assange dan mengatakan pria berusia 39 tahun tersebut mendapatkan pengadilan yang adil. Assange mengkhawatir bila dirinya diekstradisi maka kemungkinan besar akan di ekstradisi kembali ke Amerika Serikat (AS). 


AS sendiri memang mengincar Assange yang dianggap bersalah dalam kasus WikiLeaks. Assange dianggap paling bertanggung jawab dalam bocornya kawat diplomatik Kedutaan Besar AS tersebut. 

(faj) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Oposisi Bahrain Bersedia Berunding

Posted: 03 Mar 2011 04:31 AM PST

MANAMA - Kelompok oposisi Bahrain yang mencari celah untuk melucuti kekuasaan monarki, mengaku bersedia untuk melakukan pembicaraan dengan pemerintah. Mereka bermaksud melakukan pembicaraan mengenai perubahan politik di negara tersebut.


Pemimpin pihak oposisi Abdul Jalil Khalil mengatakan pihak oposisi akan menerima undangan dari Pangeran Salman bin Hamad Al Khalifa yang ingin melakukan dialog dengan pihaknya. Selama hampir dua pekan, jalanan kota Bahrain dipenuhi dengan kerusuhan saat pihak keamanan berusaha membubarkan protes anti-pemerintah.


"Kami akan berdialog dengan putra mahkota. Tapi kami tidak duduk bersama membahas masalah yang ringan, namun demi melakukan dialog yang menghasilkan kesepakatan konkrit," ungkap Khalil seperti dikutip Associated Press, Kamis (3/3/2011).


Delegasi dari Pangeran Salman bin Hamad Al Khalifa sendiri diutus oleh Raja Bahrain untuk melakukan dialog dengan pihak oposisi. 


Namun Khalil menyatakan belum ada tanggal dari pelaksanaan dialog ini. Pihak oposisi sendiri baru akan memberikan kerangka dialog pada hari ini waktu setempat. 


Sebelumnya pihak oposisi mendesak reformasi konstitusi monarki yang isinya mengharuskan dilangsungkannya pemerintahan yang dipilih oleh rakyat. Monarki Bahrain sudah berkuasa selama hampir 200 tahun. Kekuasaannya sendiri didukung oleh negara-negara Arab.

(faj) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi celebrity.okezone.com

Posted: 03 Mar 2011 01:46 PM PST

Sindikasi celebrity.okezone.com


Rambut Justin Bieber Laku Dijual Rp351 Juta

Posted: 03 Mar 2011 03:28 AM PST

[unable to retrieve full-text content]Rambut Justin Bieber dilelang dan laku dengan harga mencapai USD40 ribu (Rp351 juta).

"Mungkin Dhani Lupa, Dewan Pers Dianggap Rumahnya"

Posted: 03 Mar 2011 03:25 AM PST

[unable to retrieve full-text content]Sikap Ahmad Dhani kepada wartawan saat tiba di Dewan Pers kemarin menjadi bahasan dalam rapat dengar pendapat (RDP) Dewan Pers dengan Komisi I DPR, tadi pagi.

KOMPAS.com - Nasional

Posted: 03 Mar 2011 01:38 PM PST

KOMPAS.com - Nasional


Hanura: Golkar-PKS Harus Keluar Koalisi

Posted: 03 Mar 2011 05:35 PM PST

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Yuddy Chrisnandi, menyatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saatnya menggunakan momentum kekisruhan koalisi untuk mencoret Partai Golongan Karya dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dari koalisi.

"Sebaliknya, bagi Partai Golkar dan PKS justru harus menggunakan momentum sekarang ini untuk keluar dari koalisi dan tidak hanya mengejar kekuasaan semata," kata Yuddy kepada Kompas, Kamis (3/3/2011), di Jakarta.

Menurut ketua bidang pemenangan pemilu itu, kecepatan bertindak terhadap anggota partai koalisi akan menentukan citra politik Presiden Yudhoyono. "Presiden akan dinilai tegas dan berani jika menteri-menteri dari Partai Golkar dan PKS segera diganti. Jadi, jangan sekadar mengancam," tambahnya.

Sebaliknya, lanjut Yuddy, jika Partai Golkar dan PKS akan mempersilakan Presiden mengganti menteri-menteri dari partai politik itu, hal itu justru akan menciptakan sistem politik yang sehat.

"Diharapkan, dukungan partai-partai di legislatif bukan karena keanggotaan koalisi, akan tetapi substansi program yang memang berpihak kepada rakyat," jelas Yuddy lagi.

Partai Hanura, lanjut Yuddy, menunggu kehadiran kedua partai tersebut di DPR untuk bersama-sama memperjuangkan kepentingan rakyat dan bukan kepentingan kekuasaan.

"Kalau Golkar dan PKS tidak menggunakan momentum sekarang ini menyatakan independen terhadap pemerintah, kedua partai itu memang tidak berorientasi pada rakyat, akan tetapi kekuasaan semata," kata Yuddy lagi.

Adapun politisi muda dan pengusaha Partai Golkar, Pumpida Hidayatulloh, mendukung agar partainya berada di luar pemerintahan menghadapi kekisruhan koalisi sekarang ini pasca voting soal hak angket pajak.

"Partai Golkar independen merupakan pilihan yang terbaik dengan sejumlah pertimbangan pengalaman politik tahun 2009 di mana keberadaan Jusuf Kalla sebagai Ketua Umum Partai Golkar, yang juga Wapres tidak membuahkan hasil yang maksimal sehingga sikap independen Partai Golkar justru hal yang terbaik sekarang ini," demikain Pumpida.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tokoh Agama Perlu Turun Tangan

Posted: 03 Mar 2011 02:24 PM PST

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat meminta peran tokoh agama di Tanah Air untuk melobi Dewan Ulama Arab Saudi. Melalui lobi itu, Jumhur berharap ada pembebasan dari ancaman hukuman mati ataupun keringanan denda (diat) terhadap Darsem binti Daud Tawar, tenaga kerja Indonesia asal Subang, Jawa Barat.

"Keberadaan tokoh agama kita bisa dihormati sekaligus diterima secara terbuka oleh pemerintah dan masyarakat Arab Saudi, termasuk karena hal ini berkaitan dengan penerapan hukum Islam," kata Jumhur, Kamis (3/3/2011) di Jakarta.  

Ia menilai, kasus Darsem bukan semata-mata persoalan pemerintah, melainkan menyangkut rasa kemanusiaan yang telah melibatkan nurani seluruh warga bangsa. "Sementara pemerintah terus berusaha membebaskan Darsem, akan lebih sempurna bila upaya itu bisa kita lakukan bersama sebagai warga bangsa," kata Jumhur.

Darsem terbukti bersalah membunuh majikannya, seorang warga negara Yaman, pada Desember 2007. Ia didakwa membunuh majikannya saat hendak diperkosa. Pengadilan Riyadh, Arab Saudi, pada 6 Mei 2009, memvonis Darsem dengan hukuman mati.

Namun, berkat kerja sama antara Lajnah Islah (Komisi Jasa Baik untuk Perdamaian dan Pemberian Maaf) Riyadh dan Pejabat Gubernur Riyadh, Darsem akhirnya mendapat pemaafan dari ahli waris korban dengan kompensasi uang diat sebagai pengganti hukuman mati sebesar 2 juta riyal atau sekitar Rp 4,7 miliar.

Jumhur menjelaskan, saat ini proses pengadilan terhadap Darsem telah memasuki tahap naik banding. Dengan demikian, masih terdapat kemungkinan keringanan hukuman dan diat.

Ia mengemukakan, berbagai pihak stakeholders TKI akan segera menggelar Malam Dana Darsem, yang hasilnya akan disumbangkan guna ikut meringankan hukuman Darsem.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

detikcom

Posted: 03 Mar 2011 01:16 PM PST

detikcom


Sadis! Jasad Bayi Perempuan Ditemukan Pemulung di Tempat Sampah

Posted: 03 Mar 2011 12:27 PM PST

Jumat, 04/03/2011 03:27 WIB
Sadis! Jasad Bayi Perempuan Ditemukan Pemulung di Tempat Sampah 
Khairul Ikhwan - detikNews

Medan - Jasad bayi perempuan ditemukan di salah satu tempat pembuangan sampah di Jl Sisingamangaraja, Medan, Sumatera Utara, Kamis (3/3/2011) malam. Dugaan sementara, jasad tersebut sengaja dibuang akibat hasil hubungan gelap.
 
Salah seorang pedagang bandrek yang berjualan tidak jauh dari lokasi penemuan, Siti Aisyah mengatakan, bayi tersebut pertama kali ditemukan oleh seorang pemulung saat mencari sisa makanan dan barang bekas di tempat pembuangan sampah di depan Kampus Universitas Sumatera Utara (USU) sekitar pukul 23.00 WIB. Saat ditemukan, jasad bayi tersebut terbungkus dalam plastik berwarna putih.

"Saya awalnya didatangi pemulung dan mengaku menemukan bayi di dalam platik. Karena tidak yakin, langsung saya lihat. Ternyata benar. Ada dalam plastik. Masih berdarah," kata Siti.
 
Penemuan tersebut kemudian dilaporkan ke Mapolsekta Medan Kota. Petugas langsung melakukan identifikasi di lokasi penemuan.

Dari hasil identifikasi sementara, bayi tersebut diperkirakan berusia 5 bulan. Sengaja dibuang sekitar tiga jam sebelum ditemukan.
 
Guna pengusutan lebih lanjut, polisi kemudian membawa jasad bayi ini ke Rumah Sakit Umum (RSU) Pirngadi, Medan untuk diotopsi.

(rul/mok)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Tutup

  Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

  Share via Email:

Share via Email


loadingSending your message

Message has successfully sent


Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi Nuniek di nuniek[at]detik.com,
telepon 021-7941177 (ext.526).

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Minta Bantuan DPRD Kota Bogor, FM dkk Diterima Kembali di Sekolah

Posted: 03 Mar 2011 11:27 AM PST

Jumat, 04/03/2011 02:27 WIB
Minta Bantuan DPRD Kota Bogor, FM dkk Diterima Kembali di Sekolah 
E Mei Amelia R - detikNews

Jakarta - Orangtua tiga murid salah satu SMK di Bogor yang di-DO, meminta bantuan ke Komisi D DPRD Kota Bogor. Setelah dilakukan mediasi, akhirnya ketiga siswa itu diterima kembali di sekolahnya.

FM (17), siswi kelas 2 SMK mengaku senang karena dapat kembali bersekolah. "Saya senang bisa sekolah lagi. Saya mulai sekolah Senin, 7 Maret," kata FM saat dihubungi wartawan, Kamis (3/3/2011) malam.

Ibunda FM, Romlah mengatakan, setelah mengadukan nasib anaknya ke Komisi D DPRD Kota Bogor, para orangtua murid dan pihak sekolah dipanggil pada Kamis (3/3) siang untuk mediasi. Dalam kesempatan itu, kedua pihak menyampaikan duduk perkaranya.

"Saya menyayangkan tindakan sekolah yang sangat tidak bijak terhadap anak saya. Masa hanya gara-gara nulis begitu saja dikeluarkan dari sekolah," terang Romlah.

Pada kesempatan pertemuan itu, Komisi D DPRD Kota Bogor mendesak agar pihak sekolah segera memberi keputusan terhadap ketiganya. "Akhirnya, pihak sekolah memutuskan untuk menerima kembali anak saya," katanya.

Sementara itu, FM mengaku menyesal dengan tindakannya. Ia berjanji tidak akan gegabah lagi menulis sesuatu di facebooknya.

"Ini pelajaran berharga buat saya. Saya menyesal, meski saya tidak menyebut nama. Tapi nanti saya akan lebih hati-hati lagi," katanya.

Ia juga mengaku telah meminta maaf kepada pihak sekolah atas tindakannya itu. "Waktu pertemuan di DPRD, saya dan teman-teman sudah minta maaf," katanya.

Beruntung saja, pihak sekolah tidak membawa kasus tersebut ke jalur hukum. Karena bisa saja FM dijebloskan ke penjara karena tulisannya itu.

"Sekolah hanya mengeluarkan kami saja, tidak melapor ke polisi," katanya.

FM juga mengaku tidak mengetahui adanya UU ITE yang salah satunya mengatur mengenai kebebasan berbicara melalui internet. "Saya nggak tahu apa itu ITE," jawabnya polos.

(mei/mok)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Tutup

  Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

  Share via Email:

Share via Email


loadingSending your message

Message has successfully sent


Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi Nuniek di nuniek[at]detik.com,
telepon 021-7941177 (ext.526).

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

ads